The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Aman Menggunakan Tester Makeup
Ilustrasi/pexels.com
Life

Tips Aman Menggunakan Tester Makeup

Selasa, 02 Juli 2019 14:58 WIB 02 Juli 2019, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Saat ingin membeli produk kosmetik, biasanya kamu mencoba produk tester yang tersedia di toko. Tester makeup biasanya sudah cukup lama berada di toko dan kadang dibiarkan dalam keadaan terbuka. Hal itu dapat membuat produknya menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita.

Apalagi menurut ahli kimia kosmetik Ginger King, tester makeup adalah tempat bersarangnya bakteri dan yang paling sering ditemukan adalah bakteri jenis Escherichia coli atau yang disingkat E. coli yang berasal dari orang yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.

Lantas, adakah cara aman mencoba produk  tester makeup di gerai kosmetik? Berikut langkah yang benar dan aman ketika mencoba tester makeup

1. Jangan coba produk langsung ke wajah

Untuk mengurangi risiko infeksi akibat tester makeup. Jika ingin mencoba produk, cukup oleskan saja produk tersebut pada area punggung tangan atau telapak tangan. Apalagi aplikator maskara atau lip gloss biasanya kita kocok untuk memancing produknya keluar, padahal itu bisa membuat tabungnya terkontaminasi bakteri melalui udara, lho.

2. Bersihkan produk makeup terlebih dahulu

Bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian dimana produk akan keluar, misalnya mulut botol, pump, atau ujung tube. Produk sisa yang biasanya menggumpal dan mengering di bagian-bagian tersebut juga biasa menjadi sarang bakteri. Oleh sebab itu, sediakanlah selalu tisu basah dalam tas kamu atau minta kepada beauty advisor.

3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Kamu bisa menanyakan kepada beauty advisor apakah produk tester tersebut masih baru atau sudah lama dibuka. Namun jika kamu tidak yakin karena isinya sudah sedikit, sudah sangat kotor, atau bahkan tulisan di kemasannya sudah mulai pudar, sebaiknya kamu berpikir dua kali sebelum tetap mencobanya. 

4. Jangan takut meminta tester yang baru

Sebagai calon pelanggan, kita bisa meminta tester baru yang masih fresh. Jangan takut atau malu karena mereka pasti memiliki stok untuk tester, seperti kata seorang makeup artists profesional, Susie Sobol, “Beberapa kali saya meminta seorang anggota staf untuk membuka tester baru buat saya, dan mereka lakukan sembilan dari 10 kali permintaan saya"

5. Jangan biarkan tester lama di kulit kamu

Semakin lama produk berada di kulit kamu, maka semakin besar juga risiko kamu terkena infeksi dari bakteri yang ada pada produk tester makeup. Mintalah kapas atau tisu yang telah diberi makeup remover kepada beauty advisor. Setelah itu, bersihkan lagi kulit kamu menggunakan hand sanitizer untuk memastikan kulit kamu benar-benar bersih dari bakteri.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Astrid

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US