The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Nuansa Indonesia di Acara Halal Bihalal di Amerika, Menu Pengobat Rindu jadi Buruan!
Menu pengobat rindu WNI di Amerika (Susi Fatimah/IDZ Creators)
Life

Ada Nuansa Indonesia di Acara Halal Bihalal di Amerika, Menu Pengobat Rindu jadi Buruan!

Senin, 09 Mei 2022 09:26 WIB 09 Mei 2022, 09:26 WIB

INDOZONE.ID - Ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di kawasan Washington DC, Maryland dan Virginia menghadiri halal bihalal yang digelar di auditorium University of the District of Columbia (UDC) yang berlokasi di Connecticut Avenue, Washington DC, Amerika Serikat pada Minggu (8/5/2022).

halal bihalal di amerika
Dubes RI untuk Amerika Rosan Roslani memberikan sambutan (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Acara tersebut digelar oleh komunitas muslim Imaam Center bekerjasama dengan KBRI Washington DC. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan P Roslani dan istri, Presiden Imaam Center Arif Mustofa, ustadz Syahroni Mardani dan mantan pengurus Imaam Center.

halal bihalal di amerika
Ustadz Syahroni Mardani memberikan tausiyah di depan para WNI (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan P Roslani mengucapkan Selamat Idulfitri kepada hadirin yang hadir.

"Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua diberikan ridho dan karunia-Nya dan dipertemukan kembali dengan ramadhan berikutnya," ujar Rosan.

Dalam kesempatan itu juga, Rosan mengajak warga Indonesia di Amerika untuk selalu menjaga tali persaudaran antar sesama.

"Marilah kita menjaga ukhuwah islamiyah kita apalagi kita ada di negeri orang, kebersamaan kita menjadi hal yang penting. Kita tunjukkan Islam kita Islam yang rahmatan lil alamin," tuturnya.

halal bihalal di amerika
Perfomance dari anak-anak Indonesia kelahiran Amerika (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Anak-anak Madrasah Imaam turut mengisi acara. Bocah-bocah TK ini merupakan anak-anak Indonesia kelahiran Amerika. Mereka mempertunjukkan kemampuan membaca surat-surat pendek Al-Qur’an dan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Aksi mereka yang menggemaskan mendapat sambutan meriah dari para hadirin.

Tak hanya itu, lagu khas Minang pun dinyanyikan dalam acara halal bihalal ini yang dibawakan oleh anak-anak yang tergabung dalam komunitas 'Minang in Amerika'.

halal bihalal di amerika
Ratusan WNI memenuhi ruang auditorium University of District of Columbia (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Nuansa Indonesia pun sangat kental terasa. Pertunjukan tersebut disambut meriah oleh pengunjung. Mereka takjub dengan anak-anak Indonesia kelahiran Amerika ini yang mampu menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia.

Pihak Imaam Center juga mendatangkan ustadz langsung dari Indonesia yaitu Ustadz Syahroni Mardani. Dalam kesempatan tersebut, ustadz asal Jakarta itu menyampaikan ceramah di hadapan para hadirin dengan tema 'Pentingnya Menjaga Persatuan'.

halal bihalal di luar negeri
Menu makan siang, lontong sayur khas Lebaran (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Di tengah-tengah acara, para hadirin sempat break makan siang dan salat zuhur. Menu ketupat sayur yang jadi ciri khas makanan lebaran Indonesia jadi menu utama di acara halal bihalal ini. Nampak ketupat yang sudah dipotong-potong disajikan dalam mangkuk plastik sudah tertata rapi di meja saji.

Lauk pauk pendamping ketupat sayur juga enggak ketinggalan, seperti rendang daging, sambal goreng ati dan kerupuk. Makanan disajikan dengan konsep prasmanan dengan didampingi beberapa petugas pengambil makanan.

halal bihalal di amerika
Seporsi ketupat sayur khas Lebaran jadi pengobat rindu WNI (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Selain ketupat sayur, panitia juga menyediakan menu kentang dan ayam goreng untuk anak-anak. Para anak-anak ini juga mendapat goodie bag berisi aneka snack. Sementara untuk para tamu, panitia membagikan kotak snack berisi risol, kue lapis, jeruk dan kacang goreng. Untuk minuman, mereka juga menyediakan kopi dan teh panas di sudut ruangan.

Di akhir acara, panitia menyediakan doorprize berhadiah uang $500, $250 dan $100 bagi para tamu yang hadir.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Susi Fatimah
Susi Fatimah

Susi Fatimah

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US