The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mental hingga Keuangan Hal Penting yang Harus Disiapkan Pasangan sebelum Punya Anak
Ilustrasi pasangan suami istri. (freepik)
Life

Mental hingga Keuangan Hal Penting yang Harus Disiapkan Pasangan sebelum Punya Anak

Rabu, 23 Februari 2022 11:45 WIB 23 Februari 2022, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Menjadi orang tua itu bahagia dan menakjubkan, tapi tentu saja tak mudah dalam mengasuh anak. Karena pola asuh yang tidak tepat, anak mungkin tumbuh menjadi manja.

Itulah kenapa perlu persiapan yang sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Hal ini harus kamu bicarakan dengan pasangan kamu, karena nantinya kalian berdua yang harus mengurus si buah hati.

Dilansir berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan punya anak.

1. Bicarakan dengan pasangan masalah pola asuh

Penting untuk mengobrol dengan pasangan tentang pola asuh anak yang akan diterapkan setelah memiliki anak. Mulai dari pola asuh apa yang diinginkan hingga pembagian waktu untuk mengasuh anak, semua harus kamu bicarakan dengan pasangan.

Baca juga: Kesiapan Mental Wajib bagi Calon Ayah dan Ibu untuk Hindari Depresi setelah Punya Anak

2. Pertimbangkan keuangan

Pengeluaran setelah memiliki anak tentu akan jauh lebih besar mulai dari kebutuhan pokok hingga biaya pendidikan anak dari mulai TK (Taman Kanak-kanak) hingga perguruan tinggi. Semuanya harus dipertimbangkan baik-baik bersama pasangan.

3. Persiapkan mental

Selain persiapan fisik, persiapan mental juga penting dipertimbangkan sebelum memutuskan memiliki anak. Karena saat orang tua memiliki mental yang sehat, tentunya pola asuh yang diterapkan lebih sehat.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Tak hanya masalah pola asuh, keuangan serta kesiapan mental saja yang harus dipersiapkan jika ingin memiliki anak dalam waktu dekat. Tapi kamu dan pasangan juga harus perhatikan gaya hidup sehat, agar cepat memiliki anak dan tentunya saat hamil anak jauh lebih sehat, jika orang tua mereka menerapkan gaya hidup sehat.

5. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum memutuskan untuk memiliki anak, pemeriksaan kesehatan juga harus rutin dilakukan, agar saat hamil tak ada kendala pada kesehatan janin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US