7 Cara Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:31 WIB
Ilustrasi kerja cerdas (photo/unsplash/@christinhumephoto)
Ilustrasi kerja cerdas (photo/unsplash/@christinhumephoto)

Kerja keras memang terdengar lebih umum daripada kerja cerdas, namun ternyata kerja cerdas justru mampu meningkatkan produktivitas dibandingkan kerja keras.

Pada dasarnya kerja cerdas adalah cara manajemen waktu yang memusatkan fokus terhadap suatu pekerjaan agar bisa diselesaikan secara efektif.

Dengan menerapkan cara kerja cerdas, pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan hasilnya maksimal, tanpa memerlukan tambahan durasi kerja yang panjang.

Cara Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Nah, kalau selama ini kamu masih melakukan kerja keras, berikut ini Indozone bagikan cara kerja cerdas agar pekerjaan selesai tepat waktu.

1. Tulis daftar prioritas

-
Ilustrasi daftar prioritas (photo/unsplash/@kellysikkema)

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Graduate Medical Education, menyatakan bahwa membuat daftar prioritas dapat membantu produktivitas.

Kamu bisa menuliskan apa saja tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini, mulai dari yang paling penting dan darurat hingga yang tidak terlalu penting.

Pilih tiga peringkat teratas dari daftar prioritas yang telah kamu buat, lalu fokuslah mengerjakan tugas dan pekerjaan tersebut.

Pastikan juga kamu mengerjakan tugas atau pekerjaan paling sulit terlebih dahulu, karena energi di awal lebih optimal, sehingga kamu akan mudah menyelesaikannya.

2. Gunakan metode SMART

-
Ilustrasi menggunakan metode SMART (photo/unsplash/@bozhstudio)

Kalau kamu sulit berkonsentrasi karena sedang menangani proyek besar dan kebingungan harus memulai dari mana, kamu bisa menggunakan metode SMART, yaitu:

  • Specific. Buatlah tujuan yang spesifik dan jelas.
  • Measurable. Tentukan indikator tujuan yang bisa diukur.
  • Achievable. Tetapkan tujuan yang realistis agar bisa dicapai.
  • Relevant. Pastikan tujuan yang ingin dicapai relevan dan selaras.
  • Timely. Lakukan semaksimal mungkin supaya tepat waktu.

 

Metode SMART sangat membantu kamu memecah pekerjaan kompleks menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dikerjakan satu per satu.

Hal ini tentu membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi dan fokus menangani tugas agar selesai pada waktu yang telah ditentukan.

3. Pakai teknik pomodoro

-
Ilustrasi memakai teknik pomodoro (photo/unsplash/@christinhumephoto)

Teknik Pomodoro bisa membantu kamu lebih fokus dan mudah berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan.

Teknik Pomodoro pada dasarnya adalah teknik mengatur waktu yang melatih kemampuan otak kamu untuk mengerjakan tugas dalam waktu singkat.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X