The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

20 Usaha Rumahan dengan Modal Kecil dan Hasil yang Menjanjikan
Usaha Rumahan (Photo/Freepik/odua)
Life

20 Usaha Rumahan dengan Modal Kecil dan Hasil yang Menjanjikan

Rabu, 23 Desember 2020 19:05 WIB 23 Desember 2020, 19:05 WIB

INDOZONE.ID - Peluang usaha rumahan semakin digemari di era digitalisasi ini. Banyak usaha rumahan yang bisa dimulai hanya bermodal keahlian.

Ada pula usaha rumahan yang membutuhkan modal namun tak sebanyak yang dibayangkan. Dengan pengelolaan yang baik maka usaha rumahan bisa berkembang menjadi usaha yang lebih besar.

Hasil yang besar terkadang dimulai dari hal-hal yang sederhana. Oleh karena itu tak ada salahnya jika kamu mulai mencoba usaha rumahan berikut ini.

Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Berikut Indozone bagikan usaha rumahan dengan modal kecil namun hasil yang menjanjikan yang bisa kamu tawarkan kepada orang lain.

1. Penulis Online

usaha rumahan
Photo/Freepik/faceslab

Usaha rumahan yang pertama adalah menjadi penulis online. Bagi kamu yang memiliki kemampuan merangkai kata maka kamu bisa menjadi penulis di media online. Jika kamu punya blog dengan jumlah pengikut yang banyak maka menulis ulasan produk akan memberikan pendapatan.

2. YouTuber

Usaha rumahan yang juga cocok dikerjakan oleh para milenial adalah menjadi YouTuber. Kamu hanya memerlukan smartphone, keahlian mengedit video, ide kreatif dan konsistensi untuk mewujudkan profesi sebagai YouTuber dengan imbalan yang menjanjikan.

3. Fotografer

usaha rumahan
Photo/Freepik/diana.grytsku

Mempelajari dunia fotografi di zaman serba digital ini sangatlah mudah. Kalau kamu sudah mengerti dasar dan teknik fotografi maka kamu bisa menawarkan jasa foto pernikahan atau foto produk makanan dan minuman.

4. Guru Privat

Usaha rumahan sebagai guru privat juga menjanjikan. Jika kamu ahli dalam mata pelajaran tertentu maka kamu bisa menawarkan jasa guru privat pada tetangga, kenalan atau membuat pengumuman di media sosial.

5. Penerjemah Bahasa

Penerjemah bahasa merupakan profesi yang masih dipandang sebelah mata padahal penghasilannya cukup menjanjikan. Kamu yang ahli bahasa asing bisa menawarkan jasamu secara online agar dijangkau lebih banyak orang.

6. Katering

usaha rumahan
Photo/Freepik/tastyfood

Bagi kamu yang hobi memasak, membuka usaha katering menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu bisa merintis usaha katering untuk harian, acara pernikahan, meeting atau mungkin katering diet dan makanan sehat. 

7. Laundry 

Usaha rumahan membuka laundry bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Kamu bisa saja membuka jasa laundry kiloan di rumah atau kios kecil yang tak banyak membutuhkan biaya. 

8. Penjahit 

usaha rumahan
Photo/Freepik/senivpetro

Usaha rumahan berikutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi penjahit. Apalagi jika kamu memiliki keahlian menjahit dan mendesain sendiri. Kamu bisa menerima pesanan menjahit secara online untuk pembuatan seragam bridesmaid atau baju tempahan lainnya.

9. Jasa Pengetikan

Menawarkan jasa pengetikan juga menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Kamu hanya memerlukan laptop dan keterampilan mengetik cepat. Kamu bisa menawarkan jasa pengetikan pada murid, mahasiswa atau pun dosen.

10. Jasa Editing dan Proofreading

Bagi mereka yang ingin menerbitkan skripsi, buku atau novel akan membutuhkan jasa editing dan proofreading. Kamu yang ahli tata bahasa bisa menawarkan jasa ini pada teman-temanmu.

11. Jasa Service Elektronik

usaha rumahan
Photo/Freepik/pressfoto

Usaha rumahan berupa jasa service elektronik juga masih diminati sampai sekarang. Kamu yang memiliki keahlian ini bisa menawarkan secara online agar lebih banyak orang yang bisa menggunakan jasamu. Jika hasil pekerjaanmu memuaskan maka kamu akan direkomendasikan dari mulut ke mulut.

12. Air Minum Isi Ulang

Usaha rumahan berupa bisnis air minum isi ulang juga bisa menjadi pilihan. Kebutuhan masyarakat akan air bersih juga semakin meningkat apalagi semenjak pandemi.

13. Usaha Snack Kemasan

Usaha rumahan berupa snack kemasan juga bisa kamu coba. Hanya diperlukan inovasi rasa dan kemasan agar produk seperti keripik singkong digemari oleh banyak orang.

14. Usaha Dropship

usaha rumahan
Photo/Freepik/shutter2u

Usaha rumahan berikutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper. Kamu hanya perlu memasarkan produk tanpa memikirkan stok dan pengiriman barang. Modal untuk menjadi dropshipper juga sangat minim.

15. Konsultan SEO

Keahlian SEO dalam bidang digital marketing sangat dibutuhkan. Maka tak heran jika membuka usaha rumahan sebagai konsultan SEO terbilang menjanjikan. 

16. Pembuatan Website

Usaha rumahan yang cocok bagi kamu yang ahli dalam programming dan pengembangan website adalah menerima jasa pembuatan website.  Di tengah pertumbuhan digital yang pesat, pembuatan website memberikan pendapatan yang menggiurkan.

17. Jasa Pembukuan

Bagi mereka yang memiliki bisnis kecil terutama UMKM, maka pembukuan merupakan aspek yang penting untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis. Kamu yang ahli di bidang ini bisa menawarkan jasa pembukuan kepada mereka.

18. Jasa Potong Rambut

usaha rumahan
Photo/Freepik/senivpetro

Usaha rumahan yang memiliki prospek cerah salah satunya adalah jasa potong rambut. Masa pandemi membuat banyak orang tak keluar rumah dan membutuhkan jasa potong rambut yang bisa dipanggil. Kamu juga memanfaatkan bagian depan rumahmu untuk dijadikan tempat potong rambut.

19. Usaha Doorsmeer

Membuka doorsmeer merupakan usaha rumahan yang membutuhkan modal kecil. Hanya bermodalkan akses air yang baik, selang dan sabun cuci kendaraan maka kamu sudah bisa membuka peluang usaha yang diminati orang banyak.

20. Jasa Pengelola Media Sosial

usaha rumahan
Photo/Freepik/mindandi

Bagi kamu yang memiliki keahlian mengelola media sosial, maka kamu bisa mencoba membuka peluang sebagai pengelola media sosial. Kamu bisa menawarkan jasa tersebut pada organisasi, korporasi, produsen, restoran bahkan perseorangan.

Itulah 20 usaha rumahan dengan modal kecil dan hasil yang menjanjikan yang bisa kamu mulai tawarkan. Usaha ini juga bisa jadi bisnis sampingan bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Indriyana
Zal

Zal

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US