The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keren! Sampah di Boyolali Berhasil Diubah Jadi Pupuk Sampai Dilirik Puan Maharani
Pupuk dari sampah rumah tangga. (Eksani/IDZ Creators)
Life

Keren! Sampah di Boyolali Berhasil Diubah Jadi Pupuk Sampai Dilirik Puan Maharani

Kamis, 30 Juni 2022 20:10 WIB 30 Juni 2022, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - Permasalahan sampah tentu menjadi masalah klasik. Namun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kampung Asri, Dukuh Karangwuni, Desa Doplang, Kecamatan Teras, Boyolali, Jawa Tengah, berhasil mengubah sampah rumah tangga menjadi produk bernilai jual tinggi. 

Di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Doplang, sekitar 50 orang anggota KSM Kampung Asri mengolah sampah rumah tangga menjadi barang bernilai ekonomis. Produk olahan sampah tersebut diantaranya pupuk organik, batu bata, paving block, hingga tas, dan hiasan bunga.

sampah
Pengolahan sampah menjadi pupuk. (Eksani/IDZ Creators

Keberadaan TPST Doplang ini tidak terlepas dari tangan dingin Saryono. Ia adalah ketua KSM Kampung Asri yang sejak 2015 yang bergelut dengan pengolahan sampah di sekitar desanya.

“Sampah di sini pada hakekatnya sampah rumah tangga. Dimana sampah rumah tangga ini 60% terdiri dari sampah organik untuk pupuk granul dan juga pupuk organik cair,” kata Saryono kepada Eksani, Tim IDZ Creators. 

Pupuk organik buatan KSM Kampung Asri diklaim bisa menyuburkan tanah dan telah dipasarkan ke beberapa daerah. 

“Ini kan pupuk organik bisa menyuburkan tanah. Pupuk organik ini lebih bagus dibanding pupuk kimia. Pupuk organik buatan kami sudah dipasarkan di sekitar Boyolali dan Klaten,” ujar Munardi, anggota KSM Kampung Asri. 

sampah
Pengolahan sampah menjadi pupuk. (Eksani/IDZ Creators

Harga pupuk buatan KSM Kampung Asri berkisar antara Rp1.500 per kg. Sementara untuk kemasan 10 kg harganya Rp15 ribu. Dengan inovasi pada sampah rumah tangga ini, KSM Kampung Asri sudah sering menjuarai lomba penanganan sampah di tingkat kabupaten maupun Provinsi Jawa Tengah. 

sampah
KSM Kampung Asri tempat pengolahan sampah menjadi pupuk. (Eksani/IDZ Creators

Pada 2019 yang lalu Menko PMK Puan Maharani waktu itu bersama Mendikbud Muhajir Effendy juga berkesempatan datang ke TPST Kampung Asri ini untuk kunjungan kerja dan membagikan bantuan tentang pengelolaan sampah. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Eksani
Eksani

Eksani

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US