Memanfaatkan waktu semaksimal mungkin menjadi harapan setiap orang agar tak terbuang sia-sia. Masalahnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengatur waktu dengan efisien dan optimal.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang TikTokers @parama_ps, yang merupakan mahasiswa di Harvard University membagikan pengalaman dan juga pengamatannya dalam mengatur waktu.
Baca Juga: Kamu Butuh Waktu Menenangkan Diri Setelah Putus Cinta, Ini Alasannya
Nah, berikut 5 tips mengatur waktu versi mahasiswa Harvard. Apa saja ya?
Tips Mengatur Waktu versi Mahasiswa Harvard
1. Start Early (Mulai diawal)
Mulailah segala sesuatu seawal mungkin sehingga kamu memiliki pemikiran yang jernih. Karena dengan pemikiran jernih, kamu mampu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan efektif.
2. Learn when to say no (Belajar mengatakan 'Tidak')
Tidak semua pekerjaan harus kamu kerjakan di saat yang bersamaan. Menerima semua tawaran pekerjaan adalah hal yang justru membuat kamu bingung pekerjaan mana dulu yang harus kamu kerjakan.
Terlalu banyak pekerjaan akan membuat kamu menjadi stres dan bekerja menjadi tidak produktif.
3. Create a schedule (Buat skejul)
Mengatur waktu sudah pasti berkenaan dengan mengatur kegiatan yang akan kamu lakukan seharian penuh atau selama satu bulan. Untuk mencatat kegiatan selama sebulan, kamu bisa menggunakan kalender digital agar tidak terlupa dengan apa yang akan kamu kerjakan setiap harinya.
4. Work Smarter not Harder (Bekerja pintar)
Jangan berpikir dalam melakukan pekerjaan yang paling utama ialah bekerja keras. Milenial dan gen Z saat ini harus berpikir dan juga bekerja secara pintar.
Bekerja dengan pintar mampu membuat pekerjaan kamu menghasilkan sebuah hal yang produktif dan juga tentunya inovatif.
Baca Juga: 4 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Latihan Aerobik
5. Take a rest (Istirahat)
Luangkan waktu untuk beristirahat, agar setiap apapun yang sedang kamu kerjakan mampu kamu lakukan dengan optimal. Jika tubuh sehat, maka setiap pekerjaan mampu dilakukan dengan semangat.
So, mulai sekarang kamu harus pintar mengatur waktu biar seperti mahasiswa Harvard ya!