The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Cara Berhenti 'Overthinking' dalam Hubungan, Nomor 2 Paling Penting!
Ilustrasi overthinking. (Pexels/MART PRODUCTION)
Life

4 Cara Berhenti 'Overthinking' dalam Hubungan, Nomor 2 Paling Penting!

Minggu, 31 Juli 2022 19:01 WIB 31 Juli 2022, 19:01 WIB

INDOZONE.ID - Overthinking atau pikiran berlebihan seringkali mengganggu hubungan dengan pasangan. Overthinking bisa sangat merugikan bahkan berpotensi kandasnya hubungan yang sedang dijalani.

Terutama bila kamu mulai membentuk persepsi yang tidak benar mengenai pasanganmu. Padahal, kamu sendiri belum bisa memastikan kebenarannya.

Belum terlambat bila kamu ingin memperbaiki hubungan menjadi lebih sehat. Berikut 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk berhenti overthinking!

1. Cari tahu akar masalahnya

Usahakan untuk menyelesaikan masalah terlebih dahulu sebelum kamu berhenti memikirkan sesuau secara berlebihan. Overthinking adalah manifestasi dari ketidakamanan tertentu atau kecemasan yang mendasarinya.

Kegelisahan ini bisa membuat hubungan menjadi gagal dan seringkali berakar pada masa lalu.

2. Kembangkan kepercayaan

Hubungan membutuhkan kepercayaan. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus bersikap jujur dan tidak menyembunyikan apa pun yang memicu pertengkaran.

Berusahalah mempercayai apa yang dikatakan oleh pasanganmu bila mereka sudah berkata sejujur mungkin.

3. Berbicaralah

Ketimbang berasumsi dengan pikiran-pikiran liar, sebaiknya komunikasikan atau berbicaralah dengan pasanganmu untuk mencari solusi dari penyebab overthinking-mu.

Berkomunikasi tidak hanya memungkinkan kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan, tapi juga memperkuat ikatan antara kamu dan pasangan.

4. Jangan hanya berfokus pada hubungan yang dijalani

Kamu perlu menikmati hidup tanpa memikirkan hubungan yang sedang dijalani. Overthinking muncul bisa dikarenakan kamu terlalu memikirkan hubunganmu.

Lakukan aktivitas sesuai hobi demi menjaga kesehatan mental. Dengan begitu kamu tidak akan terganggu dengan naik turunnya hubungan bila msudah mulai percaya diri.

Bila perlu, berkosnultasilah dengan psikolog atau psikiater untuk mentasi kecemasan berlebihan dalam hubunganmu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US