The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sepele, Fenomena Lupa Menaruh Barang hingga Ingkar Janji Bisa Terjadi karena Ini
Ilustrasi lupa ingatan. (Mirror)
Life

Jangan Sepele, Fenomena Lupa Menaruh Barang hingga Ingkar Janji Bisa Terjadi karena Ini

Sabtu, 04 Desember 2021 08:52 WIB 04 Desember 2021, 08:52 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu sering mengalami lupa atau ingatan yang lemah? Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Lantaran tak hanya berdampak pada diri sendiri, kamu juga bisa membuat orang lain kecewa dengan kebiasaan lupa tersebut.

Rupanya, fenomena ingatan lemah ini disebabkan lantaran adanya aktivitas yang tak sengaja kamu lakukan yakni kurangnya waktu tidur. Kurangnya waktu tidur yang cukup tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas dan tak segar, namun banyak lagi dampak lainnya yang ditimbulkan.

Baca Juga: Wanita Ini Lupa Pernah Beli Rumah Rp1,5 Miliar, Alasan Karena Sibuk Bekerja

Pakar kesehatan NHS mengatakan kekurangan waktu tidur juga dapat menyebabkan masalah pada otak yang melibatkan bahasa, perencanaan, indera waktu dan juga memori.

Hal ini pun rupanya didukung oleh salah satu ahli di brand kasur mewah Inggris, TEMPUR, yang baru-baru ini melakukan penelitian tentang hubungan antara kurang tidur dan daya ingat pada manusia.

Mereka menemukan lebih dari setengah atau 54% yang disurvei menunjukkan bahwa kurang tidur membuat ingatan mereka menjadi lebih buruk. Hal ini dikarenakan ketika waktu yang kurang tidak akan menciptakan tidur yang nyenyak.

"Hasil yang menonjol ditunjukkan dari tidak tidur nyenyak yang berakibat penurunan kemampuan untuk fokus dan belajar; membuat menyerap dan mengingat informasi baru menjadi lebih sulit," ungkap TEMPUR dikutip Mirror.

penyebab mudah lupa
Ilustrasi ingatan. (Unsplash)

“Namun, tidur malam yang baik menciptakan dan mempertahankan ingatan, sesuai dengan kepentingannya. Ini karena terjadinya otak yang memutar ulang kejadian baru-baru ini hanya terjadi ketika kamu sedang tidur," sambung mereka.

Penelitian itu pun mengungkapkan bagaimana proses ingatan mampu dimasukkan dalam penyimpanan otak yang lebih baik, sehingga saat keesokan harinya ingatan tersebut mampu dicerna lebih cepat dan akurat.

"Saat anda tidur, otak anda memindahkan memorinya ke tempat penyimpanan yang lebih efisien, artinya saat anda bangun, tugas memori dapat dilakukan lebih cepat dan lebih akurat," tukas penelitian tersebut.

TAG
Putri
Abdul Fattah
Putri

Putri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US