Kritikan sangat umum terjadi di tempat kerja. Hal ini sering terjadi ketika kamu membuat suatu kesalahan atau karena pekerjaan kamu yang tidak maksimal.
Bagi kita yang senang atau perfeksionis, kritikan di tempat kerja bisa terasa sangat pribadi dan menyakitkan, padahal ini belum tentu buruk.
Meski demikian, kita perlu latihan agar dapat menerima kritikan dengan kepala dingin dan hati yang tenang. Ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk membuat kamu memahami dan menggapi kritikan dengan cara yang membangun.
Baca juga: Nyinyiri Pria yang Tanya Rekomendasi Skin Care, Netizen Ini Panen Kritikan
Dilansir Metro.co.uk, mentor karir dan pendiri The Profs, Richard Evans, membagikan tips tentang cara menghadapi kritikan di tempat kerja dengan cara positif.
1. Santai dan dengarkan
Langkah pertama untuk menerima kritikan adalah mendengarkan dengan seksama dan tetap santai.
Menurut Richard, bertindak tidak rasional atau terpaku pada perdebatan, kamu mungkin kehilangan poin yang valid dalam argumen manajer atau rekan kerja.
2. Jangan tersinggung
Menurut Richard, kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat menghadapi kritikan adalah tersinggung.
"Meskipun sulit untuk tidak memasukkannya ke dalam hati, dalam banyak kasus, kritikan di tempat kerja tidak akan secara langsung dikaitkan dengan kamu secara pribadi," kata Richard.
Faktanya, kritikan di tempat kerja justru akan membangun kamu dan ini bagian penting dari pekerjaan untuk membantu karyawan tumbuh kembang.
3. Jangan membuat alasan
Memberi tahu manajer atau rekan kerja kamu ketika mendapat kritikan memang tidak masalah. Tapi Richard menyarankan untuk berhati-hati agar tidak bersikap defensif atau membuat alasan.
"Cobalah untuk mendekati kritik dengan cara yang positif dan konstruktif dengan mengakui kesalahan dan menjelaskan apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya," katanya.
4. Mengajukan pertanyaan
Sebelum melakukan pembelaan negatif, Richard menyarankan untuk mengajukan pertanyaan untuk memastikan kamu benar-benar memahaminya.