The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Kepribadian dan Karakteristik Anak Bungsu, Si Kreatif yang Manipulatif
Anak Bungsu (Photo/Freepik/wayhomestudio)
Life

Mengenal Kepribadian dan Karakteristik Anak Bungsu, Si Kreatif yang Manipulatif

Jumat, 22 Januari 2021 11:57 WIB 22 Januari 2021, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Setiap anak dikaruniai dengan kepribadian dan karakteristik yang dipengaruhi dari urutan lahir dan pola asuh keluarganya.

Anak bungsu atau anak yang lahir pada urutan terakhir biasanya akan mendapatkan perlakuan yang lebih istimewa oleh orang tua dan saudara kandungnya. 

Perlakuan spesial tersebut berupa limpahan kasih sayang dan perhatian kepada anak bungsu. Namun ternyata hal itu juga membuat anak bungsu memiliki sifat positif dan negatif yang sangat melekat pada mereka.

Kepribadian dan Karakteristik Anak Bungsu

Kalau kamu penasaran apa saja sifat anak bungsu yang positif dan negatif, berikut Indozone hadirkan ulasan sifat positif dan negatif yang mempengaruhi karakteristik dan kepribadian anak bungsu.

Sifat Positif

Menjadi anak dengan urutan lahir yang terakhir membuat anak bungsu memiliki banyak sifat positif. Selain dipengaruhi urutan lahir, hal ini juga ditentukan oleh pola asuh orang tua yang cenderung lebih santai membesarkan anak bungsu karena sudah berpengalaman.

Menyenangkan

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik)

Anak bungsu dikenal dengan kepribadiannya yang menyenangkan. Hal ini karena anak bungsu selalu mendapat perhatian dari orang tua dan kakak-kakaknya.

Jika anak bungsu dibesarkan dengan perlakuan yang baik, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang menarik. Kehadirannya dapat mencairkan dan menghangatkan suasana.

Humoris

Anak bungsu juga dikenal ceria dan periang. Itulah sebabnya orang yang lahir sebagai anak bungsu akan memiliki selera humor yang bagus.

Karakteristik anak bungsu yang humoris ini tumbuh sedari kecil karena terbiasa bertingkah lucu dan menggemaskan untuk menghibur orang-orang di sekitarnya.

Pandai Bergaul

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik/viewapart)

Bukan rahasia lagi jika anak bungsu lebih bersahabat dan mudah bergaul. Mereka yang lahir sebagai anak bungsu sudah terbiasa bergaul dengan kakak-kakaknya bahkan teman kakaknya.

Anak bungsu akan mudah bersosialisasi dan menjalin relasi dengan semua kalangan. Namun bisa saja anak bungsu memiliki karakteristik tertutup jika didikan orang tua kurang mendukung.

Kreatif

Sisi positif lainnya dari anak bungsu adalah kreativitas tanpa batas. Limpahan kasih sayang yang diterima anak bungsu menjadikannya mudah terbuka terhadap hal-hal baru.

Hal tersebut membuat anak bungsu berjiwa bebas dan memiliki wawasan luas dibandingkan kakaknya yang cenderung kaku. Tak heran jika ide cemerlang sering menghampiri anak bungsu sehingga mereka dikenal kreatif.

Optimis

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik/jcomp)

Anak bungsu memiliki rasa optimis yang tinggi daripada kakak-kakaknya. Mereka selalu dapat melihat sisi positif dari segala hal.

Anak bungsu cenderung lebih berani mengikuti kata hatinya dan percaya bahwa semua hal dapat diselesaikan dengan baik sehingga mereka jarang terlihat cemas.

Sifat Negatif

Urutan lahir dan pola asuh orang tua juga menentukan sifat-sifat negatif yang dimiliki anak bungsu. Banyaknya perhatian yang diperoleh anak bungsu dari keluarga dan orang-orang di sekitarnya pun mempengaruhi karakteristik negatif anak bungsu.

Manipulatif

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik/karlyukav)

Anak bungsu pintar mengambil hati orang lain karena sifatnya yang menyenangkan dan pandai bergaul. Hal ini membuat mereka bisa memiliki sifat manipulatif.

Para anak bungsu akan memanfaatkan kesempatan yang mereka dapatkan hanya untuk kepentingan pribadi. Namun karena mereka humoris, orang-orang sering tidak sadar jika mereka telah dimanfaatkan.

Egois

Semua keperluan anak bungsu akan dipenuhi oleh orang tua. Kakak-kakaknya juga akan selalu mengalah demi adiknya yang paling kecil ini.

Hal tersebut membuat anak bungsu tumbuh menjadi pribadi yang mengutamakan kepentingan pribadi dan mengabaikan perasaan orang lain sehingga memiliki karakter yang egois.

Boros

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik/xmee)

Anak bungsu sangat tidak terampil mengelola keuangan. Meski pun sudah memiliki penghasilan sendiri, mereka sering keheranan mengapa uang cepat habis begitu saja.

Anak bungsu cenderung akan memiliki gaya hidup yang berlebihan dan tidak dapat menabung. Mereka akan santai membelanjakan uang tanpa memikirkan kebutuhan penting yang tiba-tiba muncul.

Manja

Sebagai anak yang lahir dengan urutan terakhir wajar saja jika kehadiran anak bungsu selalu diutamakan. Orang tua dan kakak-kakak juga berusaha untuk menuruti permintaan mereka.

Hal ini membuat anak bungsu menjadi manja dan cenderung suka menuntut. Mereka juga sulit membuat keputusan dan kurang bertanggung jawab.

Sensitif

anak bungsu
Anak Bungsu (Photo/Freepik/cookie_studio)

Anak bungsu dikenal memiliki rasa empati yang tinggi dan lebih sensitif. Mereka akan lebih jujur dengan perasaan dan emosi yang sedang mereka alami.

Oleh karena itu tak heran jika anak bungsu akan mudah menangis bahkan untuk hal-hal sepele sehingga terlihat cengeng dibandingkan kakak-kakaknya. 

Itulah kepribadian dan karakteristik anak bungsu yang perlu kamu ketahui. Kamu yang anak bungsu, sifat positif dan negatif mana yang paling sesuai denganmu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US