The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi tidur nyenyak (photo/Unsplash/Kate Stone Matheson)
Life

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tidur Lebih Nyenyak

Selasa, 04 Agustus 2020 08:30 WIB 04 Agustus 2020, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Tidur yang nyenyak akan memberikan perasaan segar ketika kamu bangun. Tetapi bagi banyak orang, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sangatlah sulit.

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan tidur, dan yang lainnya mungkin memiliki beberapa kebiasaan buruk yang membuat mereka tidak tidur tepat waktu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu hindari untuk dapat tidur nyenyak:

1. Hindari melihat layar ponsel atau laptop

Ilustrasi melihat smartphone
Ilustrasi melihat smartphone (photo/Unsplash/freestocks)

Cahaya biru dan putih yang dipancarkan dari layar LED laptop dan ponsel dapat menghalangi otak kamu untuk melepaskan melatonin, hormon yang membantu tubuh kamu tidur tepat waktu.

Dengan tidak adanya hormon ini, orang tersebut akan merasa sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Sebuah penelitian juga telah mengungkapkan bahwa paparan sinar biru pada malam hari tidak hanya mempengaruhi tidur, tetapi juga menyebabkan berbagai efek kesehatan yang merugikan seperti obesitas dan peningkatan risiko kanker.

Selain itu, sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh ISGlobal menunjukkan bahwa paparan cahaya biru di malam hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.

2. Hindari minum kopi atau teh

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi (photo/Pixabay/Engin Akyurt)

Jika kamu ingin begadang, kopi dan teh ada teman terbaik kamu. Dan sudah jelas bahwa mengonsumsi kedua minuman tersebut akan mencegah kamu tertidur.

Kafein yang terkandung dalam minuman ini meningkatkan tingkat adrenalin dan energi dalam tubuh, yang dapat membuat kamu tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, kafein juga memblokir adenosin yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh otak yang membuat kamu mengantuk. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan tidur, tetapi juga menyebabkan kamu sering terbangun di tengah malam ketika tidur.

3. Hindari makan makanan berlemak

Ilustrasi makanan berlemak
Ilustrasi makanan berlemak (photo/Pexels/Daniel Reche)

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan ngemil setelah makan malam, tetapi kamu mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat membuat kamu susah tidur.

Penelitian telah menemukan bahwa makan makanan berlemak atau cemilan saat larut malam dapat berdampak negatif pada kualitas tidur kamu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makan makanan tinggi lemak sebelum tidur dapat mengurangi waktu yang dihabiskan dalam tidur REM. Tidur REM adalah nama lain untuk tidur nyenyak.

4. Hindari merokok

Ilustrasi merokok
Ilustrasi merokok (photo/Unsplash/Heleno Kaizer)

Fakta bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak organ pernapasan dan berakibat fatal. Tetapi, tidak banyak orang tau bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan tidur.

Meskipun kamu percaya bahwa merokok membantu kamu rileks, nikotin sebenarnya adalah stimulan yang dapat membuat kamu terjaga selama berjam-jam sehingga membuat insomnia lebih buruk.

Tidak hanya rokok, tetapi cara-cara merokok lainnya seperti vape, cerutu, dan bahkan mengunyah tembakau dapat berdampak negatif pada tidur kamu.

5. Hindari menonton atau membaca konten menakutkan

Ilustrasi konten menakutkan
Ilustrasi konten menakutkan (photo/Pixabay/Stefan Keller)

Kamu mungkin suka menonton film thriller atau membaca buku menyeramkan lainnya, tetapi hal ini bisa menyulitkan kamu untuk tertidur.

Film menakutkan akan meningkatkan aliran adrenalin dalam tubuh yang dapat mencegah kamu tertiur atau membuat kamu cenderung mengalami mimpi buruk.

Mimpi-mimpi yang mengganggu ini akan membuat kamu sulit untuk tetap tertidur dan membuat kamu merasa lelah ketika bangun di pagi hari.


Nah, itulah beberapa hal yang harus dihindari sebelum tidur malam untuk mendapatkan kualitas tidur nyenyak yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US