The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Balikan Sama Mantan tapi Tetap Putus, Ini Hasil Penelitian Ilmiahnya
Ilustrasi pasangan (PEXELS/Tan Danh)
Life

Balikan Sama Mantan tapi Tetap Putus, Ini Hasil Penelitian Ilmiahnya

Mengira ke depannya akan lebih mudah

Kamis, 27 Februari 2020 22:42 WIB 27 Februari 2020, 22:42 WIB

INDOZONE.ID - Mantan selalu menarik untuk dibahas dalam setiap kesempatan. Sedih atau senang, perihal mantan selalu ada saja hal yang bisa dikulik lebih dalam.

Bagi beberapa orang, balikan sama mantan adalah pengecualian, tapi siapa sangka fenomena balikan sama mantan telah dibuktikan secara ilmiah lho. Misalnya, apa yang membuat seseorang memutuskan untuk balikan sama mantan?

Dilansir dari Bodytalk, bahwa seseorang yang memutuskan hubungannya dengan pasangan didasari oleh beberapa faktor buruk dan berujung pada perpisahan.

Sebuah penelitian yang dilakukan Kansas University menyatakan bahwa ada sekitar 50 persen orang yang memutuskan kembali pada mantan pacar karena mengira bahwa kehidupannya akan lebih mudah dari ketika berpisah. Hal ini berdasarkan adanya keyakinan pada mantan pasangan yang telah berubah setelah menjalin komunikasi lagi.

Begitu pula dengan hasil penelitian yang dilakukan profesor asal Universitas Utah dan Toronto mengenai alasan seseorang memilih bertahan dalam hubungan disebabkan faktor kedekatan dengan keluarga dan lingkungan sekitar yang sulit untuk terpisahkan.

Sedangkan, seseorang yang memilih berpisah diakibatkan menurunnya rasa kepercayaan diri dan juga pasangan terhadap hubungan yang sedang dijalani. Sementara lainnya, sekitar 48 persen mengaku galau, bertahan atau berpisah.

"Komunikasi merupakan pondasi utama dalam sebuah hubungan. Pada dasarnya seseorang harus jujur pada dirinya sendiri kemudian lakukan hal yang sama pada pasangan. Katakan apabila kamu memang ingin balikan, jangan berikan alasan yang bisa saja menyakitkan. Misalnya kesepian, takut nggak laku, bosan atau alasan klise lainnya," kata psikolog, Noelle Nelson.

Jika masih ada keraguan cobalah melakukan aktivitas olahraga berdua. Karena berkomunikasi saat olahraga mampu mengembalikan stabilitas otak serta pikiran yang jernih. Bangun komunikasi yang positif serta terapkan keterbukaan terhadap pasangan.


TAG
Fahmy Fotaleno
Ade Indra
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US