The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penipu Ini Dikerjai Balik oleh Korbannya Lalu Dikirimi Foto Biawak, Reaksinya Bikin Ngakak
Penipu dikerjai balik oleh korbannya. (Twitter/@Rainalvio)
Life

Penipu Ini Dikerjai Balik oleh Korbannya Lalu Dikirimi Foto Biawak, Reaksinya Bikin Ngakak

Sabtu, 04 Juli 2020 11:14 WIB 04 Juli 2020, 11:14 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia sendiri, kasus penipuan masih sering terjadi. Salah satu penipuan yang paling sering dilakukan yaitu mengiming-imingi korbannya dengan hadiah atau undian berjumlah besar.

Modusnya, pelaku akan memakai nama-nama brand yang familiar agar korbannya percaya.

Namun, terkadang, aksi penipuan tersebut bisa saja tak berlangsung mulus karena korbannya yang ternyata lebih pintar. Alih-alih berhasil melakukan penipuan, pelaku malah dikerjai balik oleh korbannya.

Hal itulah yang dilakukan oleh pria bernama Rainalvio Prasetya ini. Rainalvio menerima pesan bahwa dirinya menjadi pemenang klaim hadiah Shopee sebesar Rp175 juta.

Karena iseng, Rainalvio pun mencoba mengikuti instruksi penipu tersebut yang memintanya untuk melakukan konfirmasi via WhatsApp.

Pelaku yang mengaku bernama Setyo itu kemudian meminta Rainalvio untuk menyelesaikan biaya administrasi sebesar Rp1,550 juta.

Rainalvio kemudian kembali menanyakan bagaimana cara membayar biaya administrasi tersebut. Pelaku pun kemudian mengarahkan Rainalvio untuk pergi ke ATM.

Rainalvio kemudian mengabari pelaku bahwa dirinya sudah berada di ATM dan mengatakan bahwa dirinya masih mengantri karena ada orang sedang salat di dalam ATM.

Ia juga mengirim sebuah foto yang memperlihatkan seseorang sedang salat di dalam ATM. Foto itu sendiri adalah foto lama.

"Ini kak Setyo, saya sudah di depan, tapi di dalam masih ada yang lagi sholat. Bisa nanti nantian tidak ya?" tanya Rainalvio.

"Iya bisa," jawab sang pelaku.

Tak lama setelah itu, pelaku mengirim pesan kepada Rainalvio dan memintanya untuk tidak memberitahu siapa pun soal hadiah tersebut.

Alasannya, untuk menghindari pemalsuan pemenang dan menghindari adanya kecemburuan sosial. Dia bahkan menyertakan pasal yang menyangkut soal kecemburuan sosial tersebut.

Rainalvio kemudian mengabari pelaku dan mengatakan bahwa ia sudah pindah ATM. Ia kembali mengerjai si penipu dengan mengirim foto ATM yang dipanjati seekor biawak. Rainalvio kemudian berpura-pura panik.

"HADUUUH GIMANA INI KAK. Tolong telfonin Panji sang pelaut kak!" kata Rainalvio.

Menanggapi hal tersebut, pelaku mencoba kembali meyakinkan Rainalvio. Dia mengatakan akan mengalihkan hadiah tersebut jika Rainalvio tidak mau mengurus hadiahnya.

Hingga akhirnya, Rainalvio pun mengakhiri aktingnya tersebut.

"Udahan bang maennya. Capek. Sukses ya," tutup Rainalvio.

Kisah ini pun kemudian viral dan menjadi perbincangan warganet. Banyak yang terhibur dengan cara kocak pria tersebut mengerjai penipunya.

Berdasarkan penelusuran netizen lainnya, penipu tersebut merupakan warga Palembang dan terdaftar sebagai lulusan Hukum di Universitas Sriwijaya Palembang. Dia memakai foto dan nama palsu untuk melakukan aksinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US