The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Mendidik Anak Sejak Dini agar Jadi Pribadi Berkualitas
Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels/Daria Shevtsova)
Life

Cara Mendidik Anak Sejak Dini agar Jadi Pribadi Berkualitas

Simak ya.

Sabtu, 27 Juni 2020 10:26 WIB 27 Juni 2020, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Dikaruniai seorang anak untuk pertama kalinya seringkali membuat para ‘orangtua baru’ merasa bingung dengan pola mendidik anak yang benar dan tepat. Padahal sebagai ibu ataupun ayah, tentu saja kamu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatimu.

Melihat anak tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kepribadian berkualitas tentu saja menjadi harapan terbesar setiap orangtua. Mereka ingin anaknya kelak bisa menjalani kehidupan dengan baik dan bermanfaat bagi orang lain. 

Namun, tanpa adanya pengalaman sama sekali, beberapa orangtua baru merasa khawatir dengan pola asuh dan cara mendidik anak. Nah berikut ini adalah tiga hal dasar yang harus kamu ketahui dalam mendidik anak, agar ia bisa tumbuh jadi pribadi yang berkualitas.

1. Jangan Lakukan Hal Buruk yang Dilakukan oleh Orangtua Sebelumnya

Cara Mendidik Anak Sejak Dini agar Jadi Pribadi Berkualitas
Ilustrasi kebersamaan keluarga. (Pexels/Emma Bauso)

Saat masih kecil, kamu terbiasa dengan cara didik orangtuamu, sehingga mau tidak mau akan membentuk karakter di dalam dirimu. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi orangtua pasti akan mewariskan beberapa sifatnya pada anak, baik itu sifat positif atau negatif.

Orang tua adalah manusia biasa, sehingga bisa saja mereka melakukan beberapa sikap buruk pada dirimu yang dulu tidak mereka sadari. Kamu harus memutus rantai kebiasaan ini pada anakmu kelak, agar ia tidak merasakan hal yang sama denganmu. Awalnya akan terasa sulit karena ini sudah menjadi kebiasaanmu sejak kecil. Tapi demi mendidik anak, kamu harus rela berubah dan belajar jadi lebih baik.

2. Anak Meniru Perbuatan Orangtua

Cara Mendidik Anak Sejak Dini agar Jadi Pribadi Berkualitas
Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels/Kelvin Octa)

Sebagai orangtua, kamu harus ekstra sabar saat memberikan pengertian pada anak, sebab seorang anak yang masih kecil cenderung belum bisa membedakan antara hal baik dan buruk. Oleh karena itu, mereka lebih banyak meniru perbuatan yang sudah kamu lakukan daripada sekadar mengikuti arahan-arahan yang hanya kamu ucapkan.

Meskipun begitu, kamu tetap harus menjelaskan semua alasan padanya tentang apa saja yang kamu perintahkan ataupun kamu larang karena hal tersebut baik untuk perkembangan pola pikir anak. Dan nantinya, ia juga akan mengerti semua hal yang sudah kamu jelaskan.

3. Didik Anak Sejak Dini agar Punya Sikap Tanggung Jawab, Mandiri dan Penuh Kasih Sayang

Cara Mendidik Anak Sejak Dini agar Jadi Pribadi Berkualitas
Ilustrasi ibu mengajari anak mencuci tangan. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Kebiasaan yang diajarkan sejak kecil akan melekat ke dalam diri anak hingga ia dewasa. Sikap bertanggung jawab adalah hal yang penting untuk ditanamkan agar ia bisa hidup dengan baik di dalam masyarakat. Ia akan lebih dihargai oleh orang lain jika ia selalu menerapkan tanggung jawab dalam setiap peran yang kelak akan ia jalani.

Selain itu dengan adanya rasa tanggung jawab, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri sebab kamu tidak bisa terus-menerus ada di sampingnya untuk menemani, menjaga bahkan membantunya melewati setiap masalah yang ada.

Kamu harus mengajarkan hal-hal tersebut dengan penuh kasih sayang agar ia mempunyai kepekaan berupa simpati dan empati pada orang lain. Dan jangan lupa untuk mengajak buah hatimu melakukan kegiatan sederhana seperti membantu pekerjaan rumah atau membersihkan mainannya sendiri.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US