The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Ingin Menjadi Wartawan
Ilustrasi wartawan. (Freepik)
Life

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Ingin Menjadi Wartawan

Apa saja ya?

Rabu, 03 Juni 2020 09:23 WIB 03 Juni 2020, 09:23 WIB

INDOZONE.ID - Saat masih duduk di bangku sekolah, gurumu pasti pernah bertanya apa cita-citamu kelak. Ada yang menjawab ingin menjadi seorang dokter, pilot, tentara, arsitek, pemadam kebakaran hingga wartawan. Tapi biasanya cita-cita tersebut hanyalah keinginan masa kecil yang terkadang saat sudah dewasa, semuanya akan berubah dan jelas berbeda.

Namun, kalau ternyata saat ini kamu masih teguh pada pendirian dan tetap ingin menggapai mimpimu, misalnya saja ingin menjadi seorang wartawan, beberapa hal mendasar ini perlu kamu ketahui guna memotivasi diri dalam mewujudkan cita-cita masa kecilmu dulu.
Apa saja?

1. Rajin Meningkatkan Kemampuan Diri

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Seorang Wartawan
Ilustrasi wartawan. (Pexels/Caleb Oquendo)

Menjadi seorang wartawan tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari jam kerja yang terkadang tak menentu, tekanan dari berbagai pihak perihal berita atau kasus yang tengah ramai diperbincangkan, penolakan pemberian informasi dari narasumber, hingga pengetahuan diri akan perkembangan dunia terkini yang harus selalu ditingkatkan.

Jika kamu memang berniat untuk menjadi seorang wartawan, jangan pernah malas untuk selalu membaca, mendengar dan melihat perkembangan dunia dari berbagai sudut pandang yang ada. Ini dimaksudkan agar pengetahuanmu menjadi lebih luas dan tak tertinggal jauh dibelakang ketika kamu hendak mengangkat sebuah topik menjadi sebuah berita.

2. Memerhatikan Penampilan

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Seorang Wartawan
Berpakaianlah yang rapi. (Pexels/Moose Photos)

Ketika kamu mendapat tugas untuk mewawancarai narasumber, gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi, sebab hal tersebut akan membuat narasumber lebih merasa dihargai. Selain itu, gaya berpakaian yang baik juga dapat meninggalkan kesan bahwa kamu memiliki karakter yang kuat dan cerdas bagi orang lain yang melihatnya. Selain itu, dengan menggunakan pakaian yang tepat, kamu akan terlihat seperti seorang pewawancara yang profesional.

3. Tiba di Lokasi Sebelum Waktu yang Telah Ditentukan

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Seorang Wartawan
Tibalah tepat waktu. (Pexels/Martin Péchy)

Sebelum melakukan wawancara, tentu saja kamu harus membuat janji terlebih dahulu dengan narasumber. Pada saat hari H, sebaiknya kamu datang ke lokasi setengah jam sebelum waktu yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar kamu dapat berjaga-jaga jika ada sesuatu yang terjadi sebelum wawancara dan datang tepat waktu.

4. Jangan Memotong Pembicaraan dan Bersikap Ramah

Perhatikan Beberapa Hal Dasar Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Seorang Wartawan
Jangan memotong pembicaraan narasumber. (Freepik)

Jika kamu sedang berhadapan dengan narasumber, usahakan untuk melakukan tanya jawab dengan sikap yang sopan dan baik. Hindari memotong pembicaraan saat narasumber sedang memberikan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat.
 
Namun jika memang kamu ingin memotong pembicaraan tersebut, mintalah izin dari narasumber tersebut terlebih dahulu agar kamu tak dinilai sebagai seseorang yang tak tahu sopan santun. Dan jangan lupa untuk selalu bersikap ramah dan hangat sebab kamu merupakan perwakilan dari tempatmu bekerja.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US