The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Guru Ini Susah Payah Belajar Cara Bikin Kelas Online, Semua Muridnya Malah Tak Hadir
Tidak ada murid yang hadir di kelas online guru bernama Mustakim ini (Twitter/@skinleas)
Life

Guru Ini Susah Payah Belajar Cara Bikin Kelas Online, Semua Muridnya Malah Tak Hadir

Jumat, 27 November 2020 14:43 WIB 27 November 2020, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah. Mereka harus mentransfer pendidikan kepada puluhan anak murid yang berbeda sifat dan sikap.

Tidak hanya itu, guru juga harus berhadapan dengan protes orangtua, peraturan negara yang rumit, dan gaji yang tak seberapa.

Di masa pandemi Covid-19, tugas para guru semakin berat karena semua dialihkan menjadi online. Mereka harus beradaptasi dengan sistem teknologi baru yang tak pernah mereka coba sebelumnya.

Salah satunya adalah guru asal Malaysia yang bernama Mustakim ini. Dia meminta kepada anak-anaknya untuk mengajari dia cara memakai Zoom agar bisa mengadakan kelas online.

Mirisnya, saat kelas online dibuka, tidak ada satupun murid yang hadir atau online. Cuma Mustakim sendiri yang termangu menatap layar monitor.

Baca juga: Kemendikbud Sebut Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Maksimal 59 Tahun

Mustakim sudah menelpon seluruh muridnya satu per satu, namun tidak ada yang mengangkat. Kisah Mustakim ini kemudian diunggah oleh putrinya, Nuha, ke Twitter.

"Kasihannya ayahku. Dia mengadakan kelas online, namun murid-muridnya tidak ada yang hadir. Dia menelpon mereka satu per satu, namun tidak dijawab. Mereka tahu bahwa ayahku akan menelpon, sehingga mereka mematikan ponsel," cuit Nuha, Rabu (25/11/2020).

Kelas online itu seharusnya dimulai jam 8.30 pagi, namun hingga jam 9 pagi tidak ada satupun murid yang online.

Beberapa muridnya beralasan mereka harus kerja, mati lampu, hingga susah jaringan, sehingga tidak bisa hadir di kelas online.

Tak mau ayahnya bersedih, Nuha akhirnya masuk ke dalam kelas online itu untuk menghibur sang ayah.

"Dia seperti akan menangis. Dia begitu bersemangat saat meminta kami mengajari cara menggunakan Zoom meeting atau Google Meet. Tapi, ketika tidak ada murid yang hadir di kelas online, dia begitu sedih," tambah Nuha.

Setelah viral, netizen juga ramai-ramai hadir di kelas online itu untuk menyemangati Mustakim. Netizen juga mengecam para murid yang begitu tega tidak menghadiri kelas online dan membiarkan gurunya sendirian.

Meski begitu, Mustakim tidak marah kepada murid-muridnya. Dia justru berharap netizen mendoakan murid-muridnya agar bisa lulus dalam ujian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US