The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kehabisan Ide di Masa Pandemi, Psikolog: Bosan Gak Selamanya Buruk untuk Anak
Ilustrasi anak bermain di dalam rumah. (Pexels/Polesie Toys)
Life

Kehabisan Ide di Masa Pandemi, Psikolog: Bosan Gak Selamanya Buruk untuk Anak

Begini agar lebih kreatif.

Jumat, 23 Oktober 2020 17:52 WIB 23 Oktober 2020, 17:52 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona yang mengharuskan masyarakat beraktivitas dari rumah telah berlangsung lebih dari enam bulan lamanya. Banyak dari kita yang merasa kehabisan ide melakukan kegiatan, apalagi orangtua yang memiliki anak kecil.

Kehabisan ide memicu rasa bosan yang muncul baik pada orangtua maupun si kecil. Alhasil, anak pun menjadi rewel karena tak punya banyak kesempatan main di luar.

Menurut Psikolog Anak, Sashkya Aulia, rasa bosan tak selamanya buruk bagi anak lho. Justru hal ini bisa memicu mereka untuk lebih bisa berkreasi.

"Mindset yang harus dimiliki itu bosan nggak selamanya buruk untuk anak. Karena kalau bosan, otak anak nggak berhenti terstimulasi. Jadi otak bosan anak dekat dengan otak anak menjadi kreatif," kata Saskhya dalam webinar BincangShopee, Kamis (22/10/2020).

Aulia menambahkan, perasaan bosan yang dirasakan si kecil ini dapat bermanfaat untuk melatih kreativitasnya sehingga berguna di masa depan.

"Nah ketika dari sekarang dia belajar mengatasi kebosanan nanti dia akan ketemu hal-hal (kreatif) sendiri. Jadi biarin aja dia berkreasi dengan apapun yang ada di rumah. Kadang-kadang kita justru harus ngasih jeda untuk mereka merasa bosan dan mengatasi kebosanan. Karena itu skill masa depan banget," lanjut Saskhya.

Kehabisan Ide di Masa Pandemi, Psikolog: Bosan Gak Selamanya Buruk untuk Anak
Ilustrasi ibu bermain dengan anak. (Pexels/Pixabay)

Kemudian, jika kehabisan ide bermain dengan anak, orangtua bisa membiarkan si kecil pegang kendali. Biarkan anak memilih permainan apa yang dia inginkan dan orangtua perlu berpartisipasi mengikuti arahan si kecil.

"Coba sekali-sekali minta anak mimpin kegiatan. Ajak anaknya untuk cari ide. Nanti kita ngikutin aja anaknya mau main seperti apa," kata Saskhya.

Selain itu, orangtua juga mesti kreatif agar anak memiliki banyak kegiatan yang menarik. Untuk itu, kamu bisa mencari ide di media sosial atau di website-website sehingga membuat si kecil lebih aktif berkegiatan di rumah dan tak mudah rewel.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US