Sehatkan Mental, Dukungan Ini Bantu Pasien PDP Cepat Sembuh
Ilustrasi PDP terisolasi. (Unsplash/Sharon McCutcheon)
Life

Sehatkan Mental, Dukungan Ini Bantu Pasien PDP Cepat Sembuh

Bagaimana caranya?

Kamis, 26 Maret 2020 16:55 WIB 26 Maret 2020, 16:55 WIB

INDOZONE.ID - Tanpa kontak langsung dan brsentuhan, kita tetap bisa  memberi dukungan kepada pasien dalam pengawasan (PDP) dari virus corona.

Psikolog Klinis dan Hipnoterapis, Liza Marielly Djaprie menyebut, salah satu cara untuk membantu orang terdekat atau tetangga yang PDP adalah, dengan memberikan makanan yang diletakkan di depan teras rumah pasien tersebut.

"Kita enggak perlu peluk-pelukan, kita enggak perlu jabat tangan, tapi selama orang tersebut juga sudah menjalankan protokol yang dianjurkan oleh WHO, pemerintah, seharusnya kita turut membantu mereka," ucap Liza kepada Indozone, Kamis (26/3/2020).

"Misal, mungkin mereka sedang mengisolasi di rumah mereka, terus bagaimana caranya kita bisa ikut membantu memberikan makanan ditaro di teras. Tidak perlu dijauhi seperti itu," tambahnya.

Lebih lanjut, Liza menuturkan bahwa diperlukan peran RT ataupun RW untuk membantu setiap warganya yang sedang menjalani karantina. Dengan bantuan jarak jauh, ia menilai kalau kondisi pasien akan lebih tenang, serta cepat untuk pulih kembali.

"Jadi kalaupun mereka diisolasi di rumah mereka sendiri, oh ya sudah, kita hargai usaha mereka, dan turut membantu bagaimana kelangsungan hidup mereka. Terus apalagi yang bisa dibantu, mungkin ada yang belum bayar listrik, kita bayari dulu," terang Liza.

"Ini akan lebih membantu mereka, para penderitanya ini mudah-mudahan akan lebih tenang menghadapinya. Tidak ada beban mental, sehingga mereka cepat sembuh," tutupnya. (Sar)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Vessy Dwi
Fauzi

Fauzi

Editor
Vessy Dwi

Vessy Dwi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU