The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Tak Khianati Usaha, PNS Cantik dari Riau Berhasil Raih Beasiswa Wanita ke Inggris
Ashela Risa, PNS Bengkalis siap terbang ke Inggris (Dok. Pribadi/IDZ Creators)
Life

Hasil Tak Khianati Usaha, PNS Cantik dari Riau Berhasil Raih Beasiswa Wanita ke Inggris

Sabtu, 25 Juni 2022 10:30 WIB 25 Juni 2022, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Perjuangan panjang Ashela Risa atau akrab disapa Risa (30) mendapatkan beasiswa ke luar negeri berbuah manis. Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis, Provinsi Riau ini berhasil meraih beasiswa British Council for Women in STEM.

"Berangkatnya awal September Insya Allah, mohon doanya supaya lancar-lancar persiapannya ya," uja Risa kepada Tim IDZ Creators, Riki Ariyanto.

Wanita kelahiran 4 Agustus 1992 menceritakan dirinya memang terobsesi untuk bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri. Hal itu mulai sejak SMP, Risa sering membaca buku terjemahan bahasa Inggris milik temannya. Seperti novel Harry Potter, dan sebagainya.

pns raih beasiswa
Risa saat diklat PNS (Dok. Pribadi/IDZ Creators)

Sejak itu Risa berharap punya kesempatan untuk menuntut ilmu keluar negeri. Ketika menyelesaikan S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU) dirinya langsung mulai fokus belajar bahasa Inggris termasuk persiapan test IELTS.

Kemudian 2016 hingga 2018, dirinya mencoba daftar banyak beasiswa, tapi belum beruntung. Lalu wanita yang pernah ikut Pengajar Muda di Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar (2015-2016) ini kemudian mencoba ikut seleksi CPNS pada 2018.    

"Alhamdulillaah rejeki saya di sini (PNS) duluan,” sebut Risa menceritakan perjalanannya.

Kemudian Risa memulai pengabdiannya di RSUD Bengkalis. Namun semangat untuk menuntut ilmu ke luar negeri belum padam. Tiga tahun kemudian, kesempatan itu datang.

pns raih beasiswa
Ashela Risa (kanan) PNS Bengkalis lulusan USU (Dok. Pribadi/IDZ Creators)

Anggota Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Bengkalis itu berhasil meraih beasiswa dari British Council for Women in STEM melanjutkan pendidikan Master of Science (MSc), jurusan International Public Health, di Liverpool John Moores University di Inggris.

Risa yang pernah menjadi Enumerator Riset Pendidikan dan Kesehatan (2018) langsung mengucapkan syukur. Sebab yang ia perjuangkan selama ini enggak sia-sia. 

“Alhamdulillah, impian saya sejak kecil terwujud. Saya mendapat beasiswa British Council for Women in STEM untuk melanjutkan pendidikan ke jurusan International Public Health," sebut Risa.

Saat ini Risa menilai masih ada stigma diskriminasi wanita. Seperti ada jurusan pendidikan atau pekerjaan khusus perempuan dan yang tidak. Padahal bagi Risa stigma seperti itu sudah tidak tepat saat ini.

"Karena saya percaya, baik laki-laki maupun perempuan, kalau diberikan kepercayaan dan kesempatan yang sama, bisa maju dan menguasai dibidangnya," sebut Risa.

pns raih beasiswa
Ashela Risa saat program pendidikan (Dok. Pribadi/IDZ Creators)

Kemudian Risa berpesan bagi yang juga punya cita-cita tinggi khususnya melanjutkan studi keluar negeri agar enggak patah semangat.

"Pesannya jangan menyerah dengan apapun yang diimpikan atau dicita-citakan. Kalau gagal, bangkit lagi, gagal lagi, bangkit lagi," pesan Risa.

Sebagai informasi, beasiswa British Council for Women in STEM ini ditujukan untuk memperluas kesempatan perempuan untuk mendalami bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering dan Mathematics).

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Riki Ariyanto
Riki Ariyanto

Riki Ariyanto

Community Writer
JOIN US
JOIN US