The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 5 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Sebaiknya Kamu Tiru
CEO Apple, Tim Cook (Instagram/timcook_fan)
Life

5 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Sebaiknya Kamu Tiru

Senin, 24 Januari 2022 16:00 WIB 24 Januari 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Banyak dari kita yang memulai hari dengan bagun bersama alaram jam weker, lalu minum secangkir kopi dan mengecek ponsel. Akan tetapi jika kita menganalisis kebiasaan pagi orang-orang yang sukses, hal-hal itu tidak mereka lakukan.

Seperti yang dikutip dari Forbes, di mana sebelum melalui hari dengan segudang kesibukan, CEO Apple, Tim Cook bangun pagi sebelum pukul 04.00. Lalu CEO PepsiCo,  Indra Nooyi yang tiba di kantornya tepat pukul 07.00, CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey sudah siap memulai harinya sebelum pukul 06.00.

Baca juga: Banyak Rumor hingga Atasan yang Narsis, Jadi Tanda Kantormu Punya Budaya Kerja Toxic

Mungkin kita berpikir, kebiasaan para orang sukses tersebut sedikit ekstrem. Namun nyatanya begitulah rutinitas pagi yang mereka jalani. 

Tidak ada waktu untuk bersantai. Sebaliknya mereka begitu sigap menjemput kesuksesan pada waktu pagi.

Memang menurut riset memaksimalkan rutinitas pagi sangat dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengambil tindakan. Bahkan, aktivitas pagi hari juga dapat mengubah seluruh hidup kita di hari itu.

Nah, agar kita juga mampu meraih kesuksesan seperti orang-orang di atas tersebut ada baiknya kita juga meniru kebiasaan mereka.

Apa sajakah kebiasaan itu? Berikut ulasannya.

1. Olahraga dan sarapan

Lari pagi (Pixabay/unitea)
Lari pagi (Pixabay/unitea)

Usai bangun pada pagi hari, orang-orang sukses biasanya akan berolahraga. Mereka akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk lebih bugar dari hari ke hari.  

Olahraga yang melakukan juga tidak melulu berat. Biasanya cukup dengan berjalan kaki atau jogging mengelilingi kompleks, menggunakan treadmill atau  yoga selama satu setengah jam.

Selanjutnya mereka akan sarapan dengan menu yang ideal seperti protein, lemak sehat, dan kaya serat. Hal ini penting untuk memberikan energi yang cukup pada tubuh.

Selain itu ada pendapat bahwa orang sukses tidak minum kopi di pagi hari. Namun hal itu masih menjadi kontroversi. Namun jika kamu tetap ingin meminumnya, ingatlah untuk tidak meminumnya berlebihan. 

2. Mengasah kemampuan otak

membaca (Pixabay/PourquoiPas)
Ilustrasi membaca (Pixabay/PourquoiPas)

Mengutip dari Fairygodboss, membaca banyak buku adalah "jurus" yang dilakukan oleh CEO Tesla, Elon Musk, untuk memperkaya pengetahuannya di bidang sains dan roket.

Sejumlah studi juga menyebut para miliarder lain turut memulai harinya dengan membaca. Mereka memanfaatkan waktu pagi ini untuk mengisi kapasitas otak sebab pagi hari biasanya lebih tenang.

3. Mengatakan dan meyakini hal positif

berharap (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi berharap (Pixabay/Pexels)

Pasukan khusus Angkatan Laut AS sangat meyakini manfaat self-talk positif atau mengatakan hal positif untuk diri sendiri. Cara ini dapat memberi kita kekuatan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dan jauh lebih banyak daripada yang kita bayangkan.

Jadi pada pagi hari mulaikah mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri. Setelah itu meyakini perkataan tersebut dan jadikan sebagai pemicu semangat untuk mendorong diri dari hari ke hari.

4. Mencatat daftar tugas

menulis (Pixabay/StartupStockPhotos)
Ilustrasi menulis (Pixabay/StartupStockPhotos)

Setelah selesai membangun pola pikir positif, orang-orang sukses mulai mengatur apa saja kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Mereka menuliskan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Alih-alih melakukan banyak tugas secara sembarangan, mereka justru membuat skala prioritas. Hal itu akan membuat segalanya lebih teratur. 

5. Menemukan inspirasi

menonton (Unsplash/Luke Chan)
Ilustrasi menonton (Unsplash/Luke Chan)

Kegiatan orang sukses terakhir sebelum memulai hari ialah memupuk motivasi. Mereka melakukannya dengan mencari inspirasi dengan menonton video yang memupuk semangat.

Kegiatan tersebut efeknya akan membuat mereka bekerja lebih keras dan memiliki performa lebih. Tidak peduli betapa sulitnya hari itu, mereka akan terus berusaha karena telah punya tujuan yang pasti. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US