Selain Sehat, Ternyata Parkour Memiliki Manfaat Menarik Lainnya
Manfaat berlatih parkour (Instagram/@parkourjkt)
Life

Selain Sehat, Ternyata Parkour Memiliki Manfaat Menarik Lainnya

Manfaat lain yang seru.

Minggu, 09 Februari 2020 10:18 WIB 09 Februari 2020, 10:18 WIB

INDOZONE.ID - Parkour sering disebut sebagai olahraga asal Perancis yang mengandalkan kelincahan, kecepatan, dan ketahanan tubuh.

Para atletnya harus bergerak dan berpindah tempat dengan berlari, melompat, dan memanjat. Mereka bergerak dengan cepat dan luwes melewati beberapa halang rintang yang ada di lingkungan.

Seperti yang semua orang tahu, semua aktivitas olah tubuh dapat membuat tubuh sehat. Namun banyak manfaat lain dari parkour yang perlu diketahui.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diterapkan dalam kehidupan seperti yang diungkapkan Yunan Achmad, salah satu pengurus dan pelatih di Parkour Jakarta.

1. Disiplin

Meski parkour diidentikkan dengan olahraga ekstrem seperti skateboard atau BMX, namun sebenarnya parkour lebih dekat dengan martial art.

Hal inilah yang membuat praktisinya menjadi disiplin. Karena untuk melakukan atau menguasai gerakan, para atletnya harus melakukan repitisi. Terus menerus diulang sampai bisa. 

Bahkan sebelum melakukan gerakan-gerakan teknik parkour, mereka harus melakukan semua gerakan strenght dan conditioning. Dan itu juga dilakukan berulang-ulang. Hal itulah yang membentuk kedisipilan para praktisinya.

Salah satu praktisi parkour berhijab melakukan precision jump
Salah satu praktisi parkour berhijab melakukan precision jump (Instagram/@parkourindonesiaofficial)

2. Peduli dengan lingkungan sekitar.

Meski terkesan berlatih menggunakan fasilitas umum, namun parkour tidak merusak lingkungan sekitar. Justru parkour harus peduli dengan lingkungan.

Prinsip parkour adalah beradaptasi dengan lingkungan. Mereka harus mengerti struktur medan dan rute yang harus dilalui.

Hal itulah yang membuat para atlet harus memahami lingkungan sekitar mereka. Nggak asal merusak atau mengotori lingkungan.

3. Meloloskan diri dalam keadaan darurat.

Parkour awalnya diciptakan untuk keadaan darurat saat terjadi bencana atau kebakaran. Sehingga para praktisinya dapat bergerak cepat untuk meloloskan diri dan mencari jalan keluar.

Kaum urban di Perancis banyak yang tinggal di gedung apartemen. Ketika terjadi kebakaran, banyak yang kebingungan untuk meloloskan diri. Minimal dengan berlatih parkour, kita tidak panik dan berusaha mengerti mencari jalur dan cara keluar dari situasi tersebut. 

4. Membantu orang lain.

Selain untuk menghindar atau meloloskan diri dari situasi darurat, parkour juga dibuat untuk membantu orang lain. Sang founder David Belle terinspirasi dari ayahnya seorang pemadam kebakaran yang banyak membantu orang. 

David Belle mengatakan latihan fisik parkour dan ketahanannya dapat membantu orang lain saat dalam keadaan darurat. Seperti menggendong orang yang terluka yang tentunya membutuhkan fisik yang kuat. 

5. Nilai filosofis menghadapi rintangan hidup.

Salah satu manfaat parkour lainnya yang didalami para praktisinya adalah filosofi parkour. 

Seorang praktisi parkour bergerak cepat melewati rintangan yang ada dalam hidupnya.

Hal itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Selalu ada masalah dalam kehidupan. Para praktisi parkour bisa belajar melewati masalahnya dengan belajar mencari jalan keluar. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU