The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

9 Cara Mengatasi Insecure agar Lebih Percaya Diri, Terapkan!
Ilustrasi insecure (freepik.com)
Life

9 Cara Mengatasi Insecure agar Lebih Percaya Diri, Terapkan!

Insecure kerap menjadi penghalang kepercayaan diri

Selasa, 28 Juni 2022 16:22 WIB 28 Juni 2022, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Rasa insecure yang timbul dalam diri seseorang seringkali menjadi penghalang untuk lebih percaya diri. Insecure ini bahkan dengan mudahnya memberhentikan diri dari kepercayaan terhadap diri sendiri. 

Seorang yang mengalami insecure berlebihan seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain, memandang diri rendah, hingga menghindari lingkungan sekitar. Kondisi ini tentu perlu diatasi agar lebih percaya diri kedepannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi insecure tersebut? Berikut ini beberapa tipsnya!

1. Fokus dalam Menerima dan Mencintai Diri 

cara mengatasi insecure
Ilustrasi mencintai diri sendiri (freepik.com)

Ketika seseorang insecure, menerima dan mencintai diri sendiri tentu menjadi hal yang sulit. Ini karena orang yang insecure lebih fokus menjadi apa yang bukan dirinya. 

Maka itu, orang yang insecure perlu mempelajari diri, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga karakteristik yang melekat pada diri sendiri. Dengan memperlajari hal tersebut, perlahan akan mudah menerima dan mencintai diri sendiri. 

Meskipun kiranya sudah mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan diri, namun mesti fokus pada kelebihan agar lebih mudah percaya diri. Biarlah kekurangan diri menjadi penguat agar bisa terus menerima diri sendiri. 

2. Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain 

cara mengatasi insecure
Ilustrasi membandingkan diri dengan orang di sosial media (freepik.com)

Saat diri lebih fokus pada orang lain, kita cenderung membanding-bandingkan diri. Hal ini lah yang menjadi pemicu rasa insecure terbesar. 

Oleh karenanya, penting untuk fokus pada proses penerimaan diri serta tujuan hidup kedepannya. Ini akan menjadi cara mengatasi insecure yang membutuhkan proses. 

3. Bergaul dengan Orang-orang yang Positif dan Suportif

cara mengatasi insecure
Ilustrasi lingkungan suportif (freepik.com)

Faktanya, lingkungan dan dengan siapa kita bergaul menjadi salah satu pengaruh besar yang menjadikan diri ini lebih berkembang. 

Ketika bergaul dengan orang-orang yang suportif dan tentunya positif, rasa insecure akan dengan mudahnya teratasi. Ini karena lingkungan mendukung proses berkembangnya diri, dan tidak akan dibiarkan untuk insecure terus-menerus. 

Bergaul dengan orang yang positif dan suportif dapat menjadi cara mengatasi insecure paling ampuh

4. Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Diri 

cara mengatasi insecure
Nikmati proses mencintai diri (freepik.com)

Proses penerimaan diri dan mencintai diri nyatanya akan membawa diri kepada pengetahauan akan kelebihan dan kekurangan diri. 

Ketika sudah mulai menerima dan mencintai diri sendiri, kamu akan dengan mudahnya mengetahui dan mengembangkan apa yang sebenarnya menjadi passion.

5. Bersyukur 

cara mengatasi insecure
Rasa bersyukur dapat menjadi cara mengatasi insecure (freepik.com)

Cara mengatasi insecure yang tak kalah penting dan menjadi sumber kemudahan melakukan cara-cara dia atas adalah bersyukur. Dengan bersyukur, kamu akan lebih mudah menerima dan mencintai diri sendiri. 

Ingatlah hal-hal yang patut disyukuri pada diri agar insecure lebih mudah diatasi. 

6. Jangan Mudah Bergantung dengan Orang Lain 

cara mengatasi insecure
Ilustrasi bergantung dengan orang lain (lookdujour.ca)

Tidak menggadaikan ekspektasi yang besar dan bergantung pada orang lain juga menjadi salah satu cara mengatasi insecure. Hal ini dilakukan akibat rasa insecure timbul dengan perasaan ragu atas diri sendiri yang membuat diri sulit berada di kaki sendiri.

7. Berikan Self-Reward ketika Berhasil Melawan Insecure

cara mengatasi insecure
Waktu untuk skincare menjadi self reward untuk mengatasi insecure (freepik.com)

Rasa insecure dapat berwujud apapun. Ketika berhasil melawan wujud insecure tersebut, rayakan hal ini dengan menghargai diri sendiri. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan diri self-reward, seperti menghadiahi diri sendiri dengan es krim, cokelat atau hal-hal yang ingin dilakukan yang kita inginkan sejak lama.

8. Tinggalkan Sumber Insecure 

cara mengatasi insecure
Tinggalkan sumber insecure menjadi cara mengatasi insecure (freepik.com)

Faktanya, cara mengatasi insecure yang satu ini tidak mudah dilakukan. Akan tetapi, jika tegas dengan diri, kamu akan dengan mudahnya meninggalkan orang-orang atau omongan-omongan atau hal-hal yang menjadi sumber insecure diri. Dengan demikian, diri dapat menuju kedamaian dengan lebih mudah. 

9. Bersahabatlah dengan Diri Sendiri 

cara mengatasi insecure
Bersahabat dengan diri menjadi cara mengatasi insecure (freepik.com)

Cara mengatasi insecure lainnya adalah dengan menjadi sahabat untuk diri sendiri. Seringkali seseorang yang insecure justru dengan mudahnya memusuhi dan membenci diri. 

Hal ini tentu perlu dihindari dengan cara tidak mengucilkan dan membenci diri sendiri. Nikmati proses dalam menerima diri yang naik turun, namun jangan sampai membenci. 

Jadilah sahabat yang baik untuk dirimu agar kamu bisa menguatkan diri sendiri ketika tak ada yang mampu menguatkan.

Itulah beberapa cara mengatasi insecure yang bisa kamu terapkan agar lebih percaya diri. 

Ketika rasa insecure ini teratasi, tak hanya kamu yang kana merasakan cinta dan kenyamanan pada diri sendiri, namun orang lain pun dapat merasakan demikian. Ini karena energi yang dipancarkan sangat positif sehingga membuat orang lain ikut bahagia. 

Jika rasa insecure pada diri telah membuat kamu kuwalahan, cobalah untuk berkonsultasi kepada profesional, seperti Psikolog agar mendapat penanganan yang benar. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US