The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Trik Memilih Semangka dengan Tingkat Kematangan Sempurna
Buah semangka. (Ilustrasi/Unsplash/@flohmaier)
Life

Trik Memilih Semangka dengan Tingkat Kematangan Sempurna

Kamis, 13 Februari 2020 13:19 WIB 13 Februari 2020, 13:19 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu buah yang banyak disukai orang adalah semangka. Rasanya yang manis dan segar jadi perpaduan yang pas untuk dinikmati. Buah ini kaya kandungan air sehingga cocok dinikmati saat cuaca panas di daerah tropis.

Tapi tahukah kamu cara memilih semangka yang matang sempurna? Punya kulit luar yang tebal membuat sebagian orang kesulitan memilih semangka yang enak dimakan. Semangka dengan tingkat kematangan yang pas membuat rasanya semakin nikmat.

Dilansir dari Thedailymeal, inilah tips memilih semangka yang matang sempurna.

1. Pilih Semangka yang Berat

semangka
Ilustrasi/Unsplash/@pyronaur

Ketika membeli semangka coba angkat dulu, jika terasa berat berarti itu semangka yang matang sempurna. Semangka yang kurang matang akan terasa lebih ringan. Semangka yang berat menjadi indikator yang pas untuk menentukan apakah semangka itu mengandung banyak sari buah. Oleh sebab itu pilih semangka yang paling berat ketika membeli.

2. Ketuk Semangka

semangka
Ilustrasi/Unsplash/@chuklanov

Ini termasuk cara klasik dalam memilih semangka yang matang sempuran yakni dengan mengetuknya. Jika terdengar suara yang dihasilkan terdengar tumpul, itu berarti semangka tersebut belum cukup matang. Namun jika suara ketukannya terdengar dalam dan berongga maka itulah semangka yang matang sempurna.

3. Perhatikan Titik Berwarna Kekuningan pada Semangka

semangka
Ilustrasi/Unsplash/@romankraft

Titik kuning (yellow spot) ini bisa menjadi tolak ukur dimana semangka berada ketika masih di tanah saat masa pertumbuhan menuju kematangan. Bila area itu semakin menguning berarti semangka sudah matang. Jika masih pucat atau tidak ada titik kuning sama sekali itu berarti semangka yang terlalu cepat dipanen.

4. Perhatikan Tekstur Kulit Luar

semangka
Ilustrasi/Unsplash/@dmitrybayer

Pilih semangka yang kulit luarnya mulus, dalam artian tidak ada bintik- bintik, memar bahkan penyok. Hindari memilih semangka yang tekstur luarnya tidak beraturan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US