The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gara-gara Janda Meleleh, Mahasiswi Ini Cuan Ratusan Juta Sebulan!
Proses pembuatan kue khas Melayu (Muhammad Hijrah/IDZ Creators)
Life

Gara-gara Janda Meleleh, Mahasiswi Ini Cuan Ratusan Juta Sebulan!

Rabu, 11 Mei 2022 12:30 WIB 11 Mei 2022, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Kue janda meleleh, kue cantik manis, rasidah, bengkang dan bubur pedas mungkin terdengar asing di telinga anak muda di Ibu Kota atau kota-kota besar lainnya. Namun aneka kue khas Melayu tersebut adalah bagian dari hidup Aca, seorang mahasiswi di Langkat, Sumatera Utara.

pedagang kue melayu
Aca sedang membuat kue tradisional di rumahnya (Muhammad Hijrah/IDZ Creators)

Di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, keluarga Aca terkenal sebagai penjual kue khas Melayu terutama saat momen Ramadhan. Peminat kue tradisional ini bahkan datang dari berbagai daerah. Selain dari Tanjungpura, pembeli bahkan berdatangan dari kota Medan.

pedagang kue melayu
Pembeli kue Aca dari berbagai daerah dan kota (Muhammad Hijrah/IDZ Creators)

Ridwan, salah satunya. Ia rela menempuh jarak puluhan kilometer, demi menikmati kue Melayu Langkat yang jarang dijual di pasaran.

"Karena saya orang Melayu kue seperti ini pas di lidah saya, bahkan penjual kue tradisi Melayu seperti ini sangat sulit ditemui di kota Medan,” terang Ridwan.

Kecintaan Aca terhadap tradisi Melayu sudah terbentuk sejak dirinya masih kecil, karena melihat ibu dan neneknya yang menjual kue Melayu Langkat setiap Ramadhan.

penjual kue melayu
Aneka kue buatan Aca dan warga setempat (Muhammad Hijrah/IDZ Creators)

Kini Aca yang meneruskan usaha pendahulunya, dengan bantuan pekerja dari para ibu dan anak-anak setempat yang libur sekolah.

"Selama Ramadhan setiap hari Aca bikin ratusan jenis kue, memanfaatkan tenaga puluhan pekerja yang terdiri dari anak-anak yang libur sekolah agar membantu pemasukan. Serta kaum ibu setempat.” Ujar Aca sambil membuat kue.

Menurut Aca, usaha turun temurun ini terbilang menjanjikan. Gimana enggak, setiap Ramadhan sampai Idulfitri ia bisa mengantongi omzet fantastis!

Aca enggan menyebutkan nominal pastinya, namun ia mengaku bisa meraup omzet sampai ratusan juta Rupiah.

kue khas melayu
Aca dibantu warga sekitar dalam membuat kue (Muhammad Hijrah/IDZ Creators)

Bukan sekedar mengejar profit, Aca berharap kue khas Melayu yang dijualnya bisa lebih dikenal orang dan enggak punah oleh zaman.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Muhammad Hijrah
Muhammad Hijrah

Muhammad Hijrah

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US