The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ulurkan Bantuan, Andi Noya Membuat Crowdfunding Benihbaik.com
Benihbaik.com (Indozone/Bela)
Life

Ulurkan Bantuan, Andi Noya Membuat Crowdfunding Benihbaik.com

Mempertemukan orang yang ingin berbuat baik untuk sesama

Sabtu, 05 Oktober 2019 09:20 WIB 05 Oktober 2019, 09:20 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia memiliki platform crowdfunding baru yang bernama Benihbaik.com, Tepat 4 Oktober secara resmi Benihbaik.com diluncurkan di ajang IdeaFest 2019 di Jakarta Convention Center. 

Tiga penggagas platform tersebut adalah, Andy F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli.

"Tujuan membuat platform ini untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama," ujar Andy F. Noya, CEO Benihbaik.com 

Andy menjelaskan, berdasarkan pengalamannya di Kick Andy Foundation, ternyata banyak sekali orang baik yang selama ini ingin mengulurkan tangan, tetapi tidak tahu siapa yang perlu ditolong dan bagaimana cara menolong. 

"Disitulah Benihbaik.com hadir untuk menjembatani orang baik, untuk menemukan siapa yang layak mereka tolong," ungkapnya. 

Andy F. Noya mengaku pada tahun lalu ingin pensiun, dan sudah membeli tanah di desa dan mau tinggal di desa. Tetapi ditentang oleh Firdaus yang jadi koleganya selama ini. 

"Jika Kick Andy Foundation ditutup, lalu berapa banyak orang yang selama ini bisa kami bantu kehilangan jembatan," ucap Andy Noya.

Selama ini Andy banyak menghubungkan orang yang membutuhkan bantuan dan yang mau membantu. Dengan kehadiran Firdaus dan kemampuan menguasai teknologi digital, Andy, mengungkapkan ingin membuat suatu platform sehingga jika suatu saat nanti Andi Noya pensiun, mesin atau jembatannya tidak terputus.

"Mesinnya masih bisa bergerak dan berfungsi, tidak lagi mengandalkan Andi Noyanya. Sehingga lebih banyak orang bisa membantu," ujar Andy Noya. 

Andy Noya menyatakan ingin membuat platform yang hanya dengan nominal Rp 10.000 orang-orang sudah bisa membantu langsung, 

"Jika Anda mempunyai Rp 10.000 dan ingin membantu, lalu ada 1 juta orang yang berpikiran seperti Anda, bayangkan berapa uang yang bisa terkumpul untuk membantu sodara-sodara kita." kata Andy Noya. 

Selain itu, lanjut ia, bukan hanya menginginkan seberapa banyak orang-orang bisa memberi tapi bagaimana orang-orang merasa terpanggil, kemudian membantu sesama melalui platform ini.

Berjalannya Benihbaik.com, mendapatkan antusias dari berbagai masyarakat dan perusahaan yang selama ini membantu di Kick Andy Foundation. 

Firdaus dikenal sebagai anak muda yang peduli terhadap bantuan sesama. Ia percaya bahwa memberi bukan hanya tentang menerima manfaat tetapi juga dapat merasakan rasa bahagia. 

Banyak orang mengatakan uang tidak bisa memberi kebahagiaan, Firdaus menyanggah hal tersebut, 

"Saya bilang itu tidak benar, bagaimana uang bisa memberi kebahagiaan, coba saja kalian memberi kepada orang lain, pasti bahagia." ujarnya.

Ia pun yang awalnya membuat ide tentang satu platform yang accessable, bekerjasama dengan Ovo, yang langsung dapat membantu pertolongan, dan dapat dibantu oleh semua orang.  

Saat ini, Benihbaik.com sudah bekerja sama dengan teman-teman pengguna Grab yang ada di Vietnam, Singapura, Malaysia, Kamboja, Filipina, dan Burma. Bisa menggunakan Grab untuk berdonasi. 

Anggit Hernowo, mantan jurnalis sejak 1989, yang ikut bergabung dalam platform ini menyatakan, banyak ditemui di lapangan orang miskin yang tidak bisa ke rumah sakit, namun kami tidak bisa apa-apa.

Ia menyatakan, dengan membuat jembatan, lebih banyak orang yang berpartisipasi, menjadi partner, dan jalan bersama. 

"Kalau dulu belum ada teknologi, banyak yang hanya menyatakan kasihan tetapi tidak bisa membantu," 

Anggit percaya, Benihbaik.com dapat menjadi wadah untuk membantu sesama. Platform ini, sudah mempunyai QR code scan, yang artinya semakin banyak dan lebih mudah orang lain membantu sesama, 

"Jaman sekarang ingin berbuat baik ternyata gampang," ucapnya. 

Anggit percaya, tanam kebaikan selagi ada kesempatan. 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US