The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Memulai Investasi Reksadana Terpercaya untuk Para Pemula
Ilustrasi investasi (Unsplash/@frankbusch)
Life

Tips Memulai Investasi Reksadana Terpercaya untuk Para Pemula

Sabtu, 19 September 2020 15:47 WIB 19 September 2020, 15:47 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini, investasi reksadana merupakan salah satu jenis investasi terpercaya, mudah, dan keuntungannya cukup menjanjikan bagi para investor pemula.

Apa itu reksadana? Secara umum, pengertian reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari para investor atau masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek (produk pasar modal dan pasar uang).

Untuk memulai investasi di reksadana, kamu dapat menggunakan modal dari dana tabungan, gaji, dan sumber lainnya. Sangat tidak disarankan untuk berutang.

Buat para pemula, ada beberapa keunggulan investasi reksadana secara online untuk menguatkan alasan kamu berinvestasi online, di antaranya:

  • Proses pendaftaran mudah dan cepat, bisa dari ponsel atau gadget lainnya.
  • Tidak dikenakan biaya transaksi (fee 0 persen) dan minimum transaksinya terjangkau mulai dari Rp10.000 sampai Rp100.000.
  • Investasi reksadana memungkinkan kamu berinvestasi dengan profil risikomu.
     

Tips Investasi Reksadana untuk Para Pemula

Jika sudah tau keunggulan investasi reksadana, lalu bagaimana tips investasi reksadana untuk para pemula? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut, tips investasi reksadana bagi pemula:

1. Menentukan Tujuan Investasi

tips investasi reksadana untuk pemula
Ilustrasi investasi (Unsplash/@frankbusch)

Sebelum memutuskan memilih reksadana, ingat lagi apa tujuanmu berinvestasi? Apakah sekadar ingin menambah nilai uang atau untuk kebutuhan jangka panjang?

Dengan mengetahui tujuan investasi, kamu pun dapat memperkirakan keuntungan investasi. Upayakan tetap menyisihkan gaji atau penghasilan untuk konsisten berinvestasi.

2. Memahami Cara Kerja Reksadana

tips investasi reksadana untuk para pemula
Ilustrasi grafik investasi (Unsplash.@srd844)

Jika sudah menentukan tujuan berinvestasi, kamu juga perlu mencari tau bagaimana cara kerja reksadana dan kelebihan dari investasi reksadana itu sendiri.

Adapun kelebihan reksadana salah satunya ada verifikasi investasi. Nantinya, investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Jadi, investasi ditanamkan juga di perusahaan lain, bukan satu perusahaan saja.

Selain itu, return reksadana terbilang cukup besar karena memiliki cakupan wilayah yang luas. Investasi jangka panjang juga sangat memungkinkan di reksadana.

3. Mengenal Jenis Reksadana

tips investasi reksadana terpercaya untuk para pemula dari jenis reksadana
Ilustrasi investasi (Unsplash/@austindistel)

Satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi online melalui reksadana yaitu mengenal jenis-jenis reksadana dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Reksadana pasar uang: dana investasi nantinya akan dialokasikan ke depositp, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan ke obligasi jangka pendek. Jatuh tempo reksadana pasar uang bisa kurang dari satu tahun. Risikonya rendah dan keuntungan relatif kecil.

Reksadana pendapatan tetap: dana investasi akan dialokasikan sebesar 80 persen ke obligasi jangka menengah (3-5 tahun) hingga panjang. Keuntungan yang diperoleh lebih tinggi dari reksadana pasar uang.

Reksadana campuran: risiko investasi cukup tinggi dengan keuntungan lebih besar. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih produk investasi reksadana agar tidak merugi.

Reksadana saham: risiko investasi paling tinggi dibandingkan tiga jenis reksadana lainnya. Dana investasi reksadana saham akan masuk ke saham. Biasanya, hasil maksimal reksadana ini jangka panjang, di atas lima tahun.

4. Konsisten Berinvestasi

tips reksadana terpercaya untuk para pemula
Ilustrasi investasi (Pixabay)

Investasi tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan dengan mudah. Tidak bisa dengan waktu yang sebentar dan harus dilakukan terus-menerus secara konsisten. Inilah alasan mengapa sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya dipikirkan baik-baik.

Konsisten investasi terus-menerus akan memberikan imbal hasil maksimal. Kamu bisa meningkatkan dana investasi menjadi 20 persen, 40 persen, 60 persen, dan seterusnya.


Nah, itulah tips investasi reksadana yang baik dan terpercaya bagi investor pemula. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US