11 Kriteria Kantor Idaman Bagi Para Millenial
photo/Ilustrasi/learnex.com.mx
Life

11 Kriteria Kantor Idaman Bagi Para Millenial

Sabtu, 30 November 2019 10:48 WIB 30 November 2019, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Gaya kerja generasi milenial menjadi bahan pembahasan menarik karena terbilang unik dan nyeleneh bagi generasi pendahulunya.

Kaum milenial yang dikenal aktif dan kreatif rupanya tidak memimpikan bekerja di gedung bertingkat dengan seragam sebagai kriteria kantor idaman mereka.

Apalagi, jika harus pergi ke kantor dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Duh, itu pasti terasa sangat membosankan dan monoton bagi millenial.

Lalu sebenarnya, seperti apa sih kriteria kantor idaman milenial saat ini?

Berikut ulasannya dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Lingkungan Kerja Apresiatif

Generasi milenial membutuhkan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dan fleksibel. Artinya, mereka tidak terlalu suka ruangan dengan desain formal dan kaku.

lingkungan kerja apresiatif untuk milenial
photo/Ilustrasi/OfficeSpace Software

Bagi milenial, kriteria kantor idaman itu punya desain ruangan yang lebih santai. Ditambah dengan bean bags di sudut kantor.

Selain itu, kaum milenial lebih suka lingkungan dengan rekan kerja yang care dan saling mendukung satu sama lain.

Jadi, nggak ada lagi tuh istilah 'teman nyinyir' atau 'teman nikung' di era milenial saat ini.

2. Budaya Kerja Terbuka

Menurut survei di salah satu edisi majalah Marketeers, salah satu pertimbangan milenial untuk mencari pekerjaan adalah budaya (culture) dari perusahaan.

budaya kerja terbuka
photo/Ilustrasi/Parade

Kita bisa lihat beberapa perusahaan startup yang memiliki budaya terbuka (openness), kolaboratif, dan menjunjung tinggi kreatifitas.

Seperti itulah budaya kerja idaman milenial zaman sekarang. Kamu termasuk yang seperti ini juga?

3. Pakaian

pakaian bekerja milenial
photo/Ilustrasi/Green Hills Office Suites

Zaman sekarang, bekerja tidak lagi identik dengan pakaian berseragam rapi. Pakaian bukanlah suatu syarat yang terlalu diperhatikan, selama wajar dan sopan.

Jika diperhatikan saat ini, anak-anak milenial lebih suka memakai kemeja kasual atau kaos tanpa kerah ketika bekerja.

4. Jam Kerja Fleksibel

Perusahaan dengan jam bekerja eight to five atau nine to five bukanlah kriteria kantor idaman para milenial. Bagi mereka, itu hal yang mengikat.

jam kerja fleksibel kaum milenial
photo/Ilustrasi/42hire.com

Milenial lebih nyaman dengan jam kerja fleksibel. Di sisi lain, mereka akan lebih bisa menyeimbangkan jadwal antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Menurut riset dari Bentley University, 77 persen generasi milenial percaya bahwa jam kerja fleksibel akan membuat mereka lebih produktif dalam bekerja.

5. Kemudahan Akses Informasi

Akses internet cepat menjadi kebutuhan utama para generasi milenial saat ini. Semua hal harus terkoneksi dengan internet.

kemudahan akses informasi
photo/Ilustrasi/Austria Business Center

Dengan akses informasi tidak terbatas itu, aktivitas bekerja juga akan semakin efektif dan mudah. Serta, komunikasi pun akan menjadi lancar.

6. Fasilitas Lengkap dan Memadai

Berikutnya, fasilitas lengkap di tempat kerja juga menjadi salah satu kriteria kantor idaman bagi para milenial.

fasilitas lengkap dan memadai
photo/Ilustrasi/Pinterest

Misalnya, ada ayunan rotan, meja ping-pong, kulkas dengan persediaan kopi susu dan beragam kudapan, sarana relaksasi seperti alat olahraga, dan sebagainya.

Semua desain kantor milenial tersebut untuk mendukung kreatifitas dan ide-ide inovatif para karyawan supaya perusahaan lebih kuat mengembangkan bisnisnya.

7. Pantry dan Tempat Makan Seperti Kafe

pantry dan tempat makan seperti kafe
photo/Ilustrasi/The Opinionator

Kafe memang tempat favorit anak muda, termasuk kaum milenial. Karena itu, kantor dengan pantry dan tempat makan seperti kafe adalah kriteria kantor ala milenial.

Dengan begitu, jam istirahat bukan hanya digunakan untuk makan siang saja, tapi bisa sambil berdiskusi (brainstorming) dengan rekan kerja lain.

8. Program Pengembangan Diri

program pengembangan diri
photo/Ilustrasi/Glassdoor

Kaum milenial membutuhkan perusahaan yang dapat mengapresiasi kinerja karyawan. Salah satunya, dengan memberikan program pengembangan diri.

Program ini akan memberi kesempatan kepada para karyawan untuk mengembangkan karier mereka ke jenjang lebih tinggi.

9. Lokasi Strategis

lokasi kantor milenial strategis
photo/Ilustrasi/Lighter Capital

Poin penting berikutnya adalah milenial lebih memilih kantor yang berlokasi strategis dengan kemudahan akses transportasi menuju ke sana.

10. Dinamis dan Menantang

pekerjaan dinamis dan menantang
photo/Ilustrasi/learnex.com.mx

"Generasi milenial adalah generasi yang mudah bosan. Jika setiap hari melakukan pekerjaan yang sama, mereka akan bosan dan tidak akan betah di tempat kerja itu," kata Jared Buckley, konsultan dan pelatih kepribadian dari Millenials Skills Coach, Amerika Serikat.

Karena itu, kebanyakan milenial justru lebih suka diberi kepercayaan untuk mengerjakan tugas-tugas baru yang lebih menantang dan dinamis.

11. Gaji Sesuai dengan Pressure Kerja

gaji sesuai dengan pressure kerja
photo/Ilustrasi/Unsplash

Bagi kaum milenial, tekanan dalam bekerja harus setara dengan gaji yang mereka terima. Semakin besar pressure kerja, maka gaji pun harus semakin tinggi.

Kalau itu tidak terpenuhi, mereka tidak akan ragu untuk resign dari perusahaan. Karena, gaji manusiawi termasuk cara perusahaan menghargai dedikasi mereka sebagai pekerja.


Nah, itu tadi kriteria kantor idaman para milenial. Mungkin beberapa di antaranya terdengar tidak masuk akal. Tapi begitulah perubahan yang terjadi seiring perkembangan zaman.

Karena sebenarnya, bekerja ala milenial bukan lagi soal rutinitas kantor, absensi, dan segala printilan yang tidak begitu penting macam kerapian pakaian.

Melainkan, bagaimana mereka mengembangkan semua potensi sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU