The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Perlu Panik, Ini Cara Atasi Gatal saat Terkena Ulat Bulu
Ilustrasi ulat bulu. (Pexels/Pixabay)
Life

Tak Perlu Panik, Ini Cara Atasi Gatal saat Terkena Ulat Bulu

Jangan digaruk dulu.

Selasa, 07 April 2020 16:15 WIB 07 April 2020, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Kalau kamu sedang duduk-duduk di bawah pohon dan mengalami gatal-gatal pada bagian tubuh akibat tak sengaja terkena ulat bulu, tak perlu panik ya sebab kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana ini.

Pertama adalah jangan menggaruknya sebab rasa gatal itu akan makin menyebar. Segeralah cari alat bantu perekat seperti lakban ataupun selotip untuk mengambil sisa bulu yang menempel di kulitmu dari ulat bulu tersebut.

Tempelkan perekat tersebut pada area kulitmu yang gatal kemudian tarik perlahan setelah itu cucilah kulitmu dengan air hangat yang mengalir.

ulat bulu
Ilustrasi gatal karena ulat bulu. (Freepik)

Cara lainnya adalah dengan menggunakan garam halus atau garam dapur. Kandungan garam dipercaya dapat mengangkat sisa bulu yang menyebabkan gatal pada kulitmu. Usap dan gosokkan garam tersebut secara perlahan pada area yang gatal selama kurang lebih 4-5 menit setelah itu bilas dengan air.

Kamu juga bisa menghilangkan rasa gatal tersebut dengan mengompres area yang terkena ulat bulu memakai es batu setelah itu oleskan minyak kelapa tepat di bagian yang gatal.

Namun jika rasa gatal itu masih saja terus mengganggumu, segeralah hubungi dokter karena bisa jadi tubuhmu memiliki alergi yang berlebih terhadap racun dari ulat bulu tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US