The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gerakan Ini Ampuh Untuk Mencegah Kram Saat Berenang
Ilustrasi/pexels.com
Life

Gerakan Ini Ampuh Untuk Mencegah Kram Saat Berenang

Jangan lupa gerakan pemanasan sebelum berenang ya

Senin, 22 Juli 2019 11:55 WIB 22 Juli 2019, 11:55 WIB

INDOZONE.ID - Kram adalah pengerutan pada otot yang muncul secara tiba-tiba dan menimbulkan nyeri. Kram bisa muncul selama beberapa detik, menit, atau jam tergantung dari kontraksinya.

Kram sering menjadi masalah yang sering dijumpai pada olahraga renang. Tapi, bukan berarti kamu jadi nggak berani berenang karena takut kram. Apalagi, berenang banyak manfaatnya, yaitu bisa menyehatkan tubuh, menurunkan berat badan, juga bikin tubuh bebas dari stres.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang. Adapun beberapa pemanasan ideal yang bisa dilakukan sebelum berenang, sebagai berikut :

1. Forward Lunge

Ilustrasi/pexels.com
Ilustrasi/pexels.com

Lunge memang sangat terkenal dengan fungsinya yang bisa meregangkan otot paha, betis, dan kaki. Sehingga, ketika kita melakukan lunge, maka fungsi otot tersebut akan menjadi lemas dan bisa kita gerakkan tanpa merusak jaringan otot. Dengan fungsi otot kaki yang baik, maka kita pun bisa berenang dengan aman sebab tidak takut lagi terkena kram.

2. Quadruped Rocking

Ilustrasi/verywellhealth
Ilustrasi/verywellhealth

Mungkin kamu masih sedikit asing dengan gerakan dasar yang satu ini. Jadi, quadruped rocking merupakan sebuah latihan yang melatih pinggul dengan efektif. Praktiknya, pertama-tama kamu harus pada posisi seperti merangkak dengan tumpuan tangan dan lutut. Kemudian, tarik pinggul kamu ke belakang dan tahan sejenak, maka kmau akan merasakan kontraksi. Tahan dan kembali pada posisi semula.

3. Lateral Extension

Untuk gerakan yang satu ini cukup mudah dilakukan dan seperti gerakan dasar lainnya. Pertama, kamu harus pada posisi berdiri tegak. Kemudian, gerakkan tubuh kamu ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Latihan ini dilakukan untuk menguatkan otot perut dan persendian, sehingga cukup efektif dilakukan sebelum berenang.

Dengan menjalani berbagai cara pemanasan untuk mencegah kram di atas, Kamu dapat terbebas dari kram saat berenang. Aktivitas kamu di kolam renang pun dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Astrid

Writer
Indozone Media

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US