The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

20 Kata Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942
Sejumlah umat Hindu melakukan sembahyang saat Hari Raya Nyepi (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Life

20 Kata Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942

Selasa, 24 Maret 2020 14:54 WIB 24 Maret 2020, 14:54 WIB

INDOZONE.ID - Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 25 Maret sampai 26 Maret 2020.

Tahukah kamu, perayaan Tahun Baru Hindu ini setiap tahun dimulai dengan kegiatan menyepi. Artinya, tidak ada aktivitas seperti biasa. 

Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung (alam semesta/macrocosmos).

Maka dari itu, Hari Raya Nyepi merupakan hari yang sangat agung bagi umat Hindu. Mereka pun saling memberi ucapan Selamat Hari Raya Nyepi kepada saudara, kerabat, dan teman-teman.

Para penganut agama selain Hindu juga banyak yang ikut mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi mereka yang memperingati.

Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun 2020

kata ucapan selamat hari raya nyepi tahun 2020
Sejumlah umat Hindu melakukan sembahyang saat Hari Raya Nyepi (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Berikut ini kata-kata ucapan Selamat Hari Raya Nyepi tahun 2020 yang dapat kamu ucapkan kepada saudara, kerabat, rekan kerja, dan teman yang merayakan:

Selamat Tahun Baru Saka. Semoga Ida Sanghyang Wihi Wasa selalu menjaga kita untuk saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan.

Di Tahun Baru Saka ini, semoga kita senantiasa hidup dalam kerukunan dan rasa damai. Selamat melaksanakan 'Catur Brata' Penyepian. Selamat Hari Raya Nyepi.

Dalam keheningan sepi, semoga kita semua dapat menemukan jati diri untuk melangkah lebih baik pada perjalanan hidup kita ke depan. Selamat Tahun Baru Saka.

Dalam kesunyian kan kau dapati makna kehidupan. Dalam kesepian kan kau rasakan kehadiran-Nya. Tuhan bersama orang-orang yang selalu ingat akan penciptanya. Selamat Hari Raya Nyepi!

Suara genta berdenting bersambut mantra suci para pendeta, asap dupa mengantarkan doa menuju pada-Nya. Mari mencakupkan tangan, memohon kebahagiaan di Hari Nyepi ini.

Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan wara nugraha-Nya pada semua umat. Semoga perenungan diri dapat mengembalikan jiwa kembali bersih dan suci.

Dengan Nyepi akan membawa renungan mengarahkan kembali ke titik nol. Jauh dari keramaian, rasa amarah, dengki, dan iri, serta menyelami diri untuk menemukan jati diri. Selamat melaksanakan 'Catur Brata' Penyepian.

Kewajiban manusia adalah saling menghormati dan menghargai. Mendapatkan kemuliaan hidup adalah hak setiap umat-Nya. Dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi.

Dengan melaksanakan 'Catur Brata' Penyepian, semoga membawa kita ke alam dengan sajak hening yang tenang dan damai untuk menemukan makna kehidupan di dunia. Selamat Tahun Baru Saka.

Ucapan Hari Raya Nyepi/Tahun Baru Saka 1942 dalam Bahasa Bali

ucapan selamat hari raya nyepi dalam bahasa bali
Sejumlah umat Hindu Bali saat merayakan Hari Raya Nyepi (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Kata-kata ucapan Selamat Hari Raya Nyepi dalam bahasa Bali ini juga bisa disampaikan kepada kerabat, saudara, dan teman yang merayakan:

Rahajeng nyanggra rahina Nyepi. Dumogi prasida ngalaksanayang Catur Brata Penyepian. (Selamat menyambut hari Nyepi, semoga dapat melaksanakan Catur Brata Penyepian)

Rahina Nyepi dumogi prasida kaanggen jalaran ngeret indria. (Hari Nyepi semoga dapat dijadikan sarana menahan hawa nafsu)

Rahina Nyepi pinaka rahina sane suci, dumogi iraga sareng sami pageh nglaksanayang Catur Brata Nyepi. (Hari Nyepi adalah hari suci, semoga kita tetap kukuh melaksanakan Catur Brata Nyepi)

Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami, dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan. (Selamat Hari Nyepi untuk kita semua, semoga diberi kelancaran dan keselamatan)

Rahajeng Rahina Nyepi, dumogi santhi semeton sami ring dija ja magenah. (Selamat Hari Nyepi, semoga kedamaian selalu menyertai dimana pun kita berada)

Majeng ring semeton titiang sareng sami, ring dija ja magenah, ngiring heningang kayune sami, laksanayang Nyepi antuk bhakti tulus ati. (Untuk semua saudara saya dimana pun berada, mari kita sucikan pikiran, sambut Hari Raya Nyepi dengan sepenuh hati)

Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami. (Selamat Hari Raya Nyepi saudara semuanya)

Ngiring mulat sarira, laksanayang Catur Brata Penyepian, dumogi labda karya sidaning don. (Mari membenahi diri, laksanakan Catur Brata Penyepian. Semoga berbahagia tanpa kekurangan suatu apapun)

Rereh deweke ring tengahing sepi, rahajeng rahina Nyepi. (Temukan jati diri dalam sepi. Selamat merayakan Hari Nyepi)

Tegul krodhane, iket indriane, ngiring margiang dharmane majalaran Catur Brata Penyepian. (Kendalikan amarah, kendalikan hawa nafsu, mari jalankan perbuatan kebaikan melalui pelaksanaan Catur Brata Penyepian).

Itulah beberapa inspirasi ucapan Selamat Hari Raya Nyepi yang bisa kamu berikan kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US