The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral, Pengurus Pondok Ogah Dievakuasi dari Erupsi Semeru, Ngotot Santri Tanggung Jawabnya
Warga melihat Gunung Semeru yang mengeluarkan material vulkanis dari Desa Sumberwuluh,Lumajang, Jawa Timur, Senin (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Life

Viral, Pengurus Pondok Ogah Dievakuasi dari Erupsi Semeru, Ngotot Santri Tanggung Jawabnya

Tuai komentar pedas.

Senin, 05 Desember 2022 12:00 WIB 05 Desember 2022, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Media sosial tengah dihebohkan dengan rekaman video amatir yang memperlihatakan seorang pengurus pondok pesantren menolak dievaksuai saat erupsi Gunung Semeru.

Pria yang tampak mengenakan pakaian gamis putih lengkap dengan peci itu menyebut ia tak mau beranjak dari wilayah yang terpapar abu vulkanik karna sejak dahulu selalu tak pernah mengungsi.

Padahal seperti diketahui, Gunung Semeru telah memuntahkan abu vulkanik sejak Minggu, (4/12/2022) dini hari. Peningkatan aktivitas yang terus terjadi bahkan membuat gunung yang berada di Jawa Timur itu naik status dari Level 3 (Siaga) menjadi Level 4 (Awas).

Sayangnya dalam unggahan yang dibagikan akun Instagram @merapi_uncover, terlihat jelas pria pengurus pondok pesantren itu menolak dievakuasi oleh sejumlah tim relawan.

Pria itu keukeuh tak mau meninggalkan pesanteran. Ia bahkan ngotot hingga membantak relawan yang mengajaknya mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

“Iki pondok, apa-apa yang terjadi saya yang bertanggung jawab. Saya pengasuhnya pondok, karena untuk sekarang ini saya gak pernah lari. Ini urusan saya kok!” katanya dalam video yang dilihat Indozone, Senin (5/12/2022).

Pria itu pun terdengar bolak-balik menegaskan kalau keselamatan seluruh penguhuni pesantren menjadi tanggung jawabnya.

“Kita di sini negara hukum, pak. Kalau masalah itu urusan saya. Saya pengasuhnya pondok,” sambung pria bergamis dan berpeci putih tersebut.

Pengakuannya itu sontak memancing perdebatan dengan tim relawan. Terdengar tim relawan tetap berusaha mengajak pria itu mengungsi. 

“Wis mrene-mrene, Pak monggo-monggo,” ajak salah seorang anggota relawan.

Baca juga: Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas Guguran 

“Gak, gak sepurane. Karena untuk sekarang ini saya gak pernah lari. Itu urusan saya, kok. Itu saja,” tolak pria tersebut.

tolak dievakuasi saat Semeru erupsi (Instagram/merapi_uncover)
Pria pengurus pondok pesantren menolak dievakuasi saat Semeru erupsi (Instagram/merapi_uncover)

Menanggapi reaksi penolakan yang semakin keras tersebut, relawan lainnya pun meminta agar pernyataan tersebut direkam sebagai bukti.

“Bapak ini mengeluarkan pernyataan, pernyataan sikap bahwa ini urusan beliau. Masalah keselamatan santri-santrinya itu urusannya beliau. Kita sudah melakukan hal semaksimal mungkin,” papar seorang anggota relawan.

Pria tersebut juga mengungkapkan kalau ada sejumlah santri yang berada di pondok. Namun sayangnya hanya sebagian kecil yang berhasil dievakuasi.

“Saat ini bapak Bhabinkamtibmas, Kepolisian sudah ada si pesantren untuk mengevakuasi, tapi hanya beberapa yang bisa ikut. Karena juga udah gak terlihat (pandangan akibat abu vulkanik) dan turun lava,” ungkapnya.

Banjir Kritik Netizen

Rekaman video pengurus pondok pesantren yang menolak dievakuasi itu langsung mencuri perhatian netizen. Mereka pun menuliskan berbagai komentar pedas sebagai kritik atas sikapnya yang dinilai sombong dan egois.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Konon Sudah Diprediksi Ramalan Jayabaya: Pulau Jawa akan Terbelah

“Ngakunya beragama tapi egoisnya melebihi setan, nek wes ngene ki mbok ngungsi,” ucap @prayogadiw. 

“Kalau susah biarin aja ... Mungkin udah sakti ..,” sambung @hendri_sk. 


“Cerdas sekali memang, bilang Indonesia negara hukum, tapi menjaga dan melindungi warga negaranya juga kewajiban. Giliran evakuasi lamban banyak korban tim rescue nya dan penanggulan bencana dibilang lamban,” ucap @ayasz_97. 

“Itu bukan sikap kepasrahan, tapi bentuk dari sikap kesombongan. "Iki urusanku", seolah-olah "aku" ini berhak atas diri sendiri dan semuanya. Persis seperti sikap SETAN ketika diperintahkan utk bersujud kepada Nabi Adam. Padahal jiwa kamu dan santri2 lain itu mutlak milik sang Penciptamu. Ketika ada himbauan utk mengungsi maka dengarkan dan turuti, jgn merasa jumawa krn itu sama aja niatnya bunuh diri,” timpal @roniherusaputro.
 

 

 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US