Berbahaya, Galau Terus-terusan Berakibat Seburuk Ini
Ilustrasi sedang galau (Unsplash/Anthony Tran)
Life

Berbahaya, Galau Terus-terusan Berakibat Seburuk Ini

Segera alihkan ke hal positif

Kamis, 12 Maret 2020 13:00 WIB 12 Maret 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang pasti pernah merasakan galau, but please open your eyes and mind! Kamu nggak bisa berdiam dalam kondisi dan situasi ini terus menerus.

Putus cinta, kecewa, sedih, marah, merupakan bumbu dalam hidup yang harus kamu lewati, karena hidup itu butuh perubahan. Jika kamu memilih galau berkepanjangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan maupun mental lho.

Berikut ini beberapa hal yang bisa saja terjadi kalau kamu galau melulu seperti dilansir dari Better Health, Kamis (12/3/2020)

1. Melakukan hal-hal di luar batas kesadaran maupun kemampuan

Aktivitas agar tidak galau
Bungee jumping (Unsplash/Anoof Junaid)

Kamu percaya nggak sih, kalau seseorang yang sedang dilanda galau bisa melakukan hal yang tidak terduga. Saat galau, keberanian dan ketidakbiasaan kemungkinan besar terjadi. Misalnya, saja, melakukan bungee jumping, nonton film-film romantis padahal sebelumnya kamu anti banget menonton genre film seperti itu sampai stalking mantan atau gebetan.

2. Stres meratapi nasib

Ilustrasi stress
Ilustrasi stress (Unsplash/Sydney Sims)

Saat galau mood akan semakin memburuk, suasana hati pun ikut kalang kabut. Semua hal dilihat dari sudut pandang sedih atau pun marah. Kamu tahu nggak sih, seseorang yang stres akibat galau mengalami kekurangan vitamin dan mineral, makanya diperlukan asupan sayuran dan buah-buahan untuk memperbaiki kondisi stres yang sedang dihadapi.

3. Gangguan pada kesehatan hingga memicu terjadinya serangan penyakit

Bahaya galau
Ilustrasi sedang galau (Unsplash/Kinga Cichewicz)

Saat dipenuhi kegalauan, tubuh akan terpapar akan kondisi negatif yang ditimbulkan. Secara langsung hormon kortisol dan hormon stress akan dilepas secara bersamaan. Hal ini tentu akan memengaruhi pembuluh darah, sistem saraf dan sistem reproduksi.

4. Menjauhi lingkungan sosial terutama orang terdekat

Galau
Ilustrasi galau (Unsplash/Sasha Freemind)

Tanpa sadar sikap buruk kamu saat galau membuat ketidaknyamanan pada orang-orang di sekililingmu, mulai dari teman, gebetan sampai pacar. Cobalah untuk mengendalikan emosi dan tingkatan galau kamu, agar nggak dijauhi oleh banyak orang.

5. Memengaruhi kinerja otak dan hati

Bahaya galau
Ilustrasi stress akibat galau (Unsplash/ahmad gunnaivi)

Kondisi galau rupanya juga berkontribusi pada gangguan otak dan hati seseorang lho. Saat galau, otak bisa mengalami penurunan sehingga responnya menjadi melambat atau berulang-ulang. Suasana hati juga ikut terganggu dan bisa menyebabkan penurunan percaya diri. Makanya, nggak usah heran kalau sedang galau kamu jadi malas makan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahmy Fotaleno
Vessy Dwi
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US