The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Ukhti Thailand Pamer Minuman, Netizen Malah Salfok sama Logat Melayunya
Screenshoot. (Tiktok/@nanee_nl)
Life

Viral Ukhti Thailand Pamer Minuman, Netizen Malah Salfok sama Logat Melayunya

Jumat, 22 Januari 2021 12:24 WIB 22 Januari 2021, 12:24 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah video yang memperlihatkan aksi wanita berhijab dari Thailand sedang memamerkan minuman viral di media sosial. Wanita muslim dari Thailand atau biasa disebut Ukhti Thailand oleh netizen Indonesia ini seperti mempromosikan minuman tersebut.

Wanita Thailand berwajah cantik itu menjelaskan sambil mencicipi kuliner tersebut. Namun netizen malah salah fokus dengan bahasa yang digunakan olehnya, mirip logat melayu.

Video itu diunggah oleh wanita itu di akun Tiktoknya yang bernama @nanee_nl. Video itu viral dan menjadi perbincangan netizen.

Dengan menggunakan bahasa Thailand, ia menuliskan caption yang mengatakan bahwa sepertinya dia sedang mempromosikan sesuatu.

"Siapa yang ingin memakannya? Tokonya berada di dekat persimpangan," tulisnya dalam bahasa Thailand, seperti dilihat INDOZONE pada Jumat (22/01).

ukhti thailand cantik
Screenshot. (Tiktok/@nanee_nl)

Dalam video itu terlihat, ia tengah mencicipi hidangan sambil sedang menjelaskan sesuatu.

Banyak netizen yang mengira kalau logatnya mirip campuran Madura dan Melayu. Diduga cewek tersebut sedang menggunakan logat Melayu Pattani.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, Melayu Pattani, atau dalam bahasa Thailand adalah Yawi atau Jawi dalam bahasa Melayu Pattani, adalah sebuah varian dari bahasa Melayu yang dituturkan di provinsi paling selatan dari Thailand yang berbatasan dengan Malaysia.

Melayu Pattani adalah Bahasa Melayu yang paling berbeda, karena lebih terpengaruh oleh bahasa Thai dan juga terisolasi dari tempat bahasa Melayu dituturkan karena dibatasi oleh pegunungan tinggi. Bahasa tersebut hampir mirip dengan Bahasa Melayu Kelantan yang dituturkan di seberang perbatasan.

Video yang memperlihatkan aksi ukhti Thailand tersebut viral dan mendapat beragam komentar dari netizen.

"thailand rasa madura," ujar salah satu netizen @Visalle_.

"FYI, ini bahasa melayu Thailand. Biasanya digunakan di daerah Pattani, Yalla, Narthiwat, mayoritas Muslim," tulis netizen @naje7a menjelaskan.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US