The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sempat Bikin Heboh Medsos, Pria Jepang Jualan Takoyaki di Solo Nasibnya Kini Tercengang
Hada Hiroshi, pria asli Jepang jualan takoyaki di Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)
Life

Sempat Bikin Heboh Medsos, Pria Jepang Jualan Takoyaki di Solo Nasibnya Kini Tercengang

Minggu, 07 Agustus 2022 20:19 WIB 07 Agustus 2022, 20:19 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu di media sosial seorang pria asal Jepang bernama Hada Hiroshi(65) berjualan takoyaki di Mipitan, Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah. 

Hada Hiroshi pindah ke Solo lantaran menikah dengan istrinya Nurul Dewi Saraswati pada 2015. Kemudian pada 2017 Nurul bersama Hada pulang ke Indonesia. 

takoyaki
Hada Hiroshi, pria asli Jepang jualan takoyaki di Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)

Mengetahui di Indonesia banyak menjual takoyaki, Hada pun tertarik untuk membeli. Sayangnya rasa takoyaki yang dijual di pasaran sangat berbeda dengan di Jepang. 

Menurut Hada, takoyaki di Indonesia kebanyakan agak keras dan dalamnya kopong. Dari pengalaman inilah, Hada melihat peluang bisnis untuk berjualan takoyaki di Solo. 

“Saya awalnya membeli takoyaki di Indonesia, rasanya beda dengan yang ada di Jepang,” ungkap Hada kepada Eko Haryanto, Tim Z Creators. 

takoyaki
Takoyaki Hiroshi di Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)

Awalnya Hada Hiroshi berjualan takoyaki menggunakan gerobak dan keliling di daerah Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Kemudian pada 2019 Hada dan istri pindah ke Pucangsawit, Solo. 

Di sinilah pertama kalinya Hada membuka warung takoyaki. Tak disangka banyak senang dengan takoyaki buatan Hada. Lalu tak butuh waktu lama warung takoyaki Hada viral di media sosial dan semakin ramai diburu pengunjung. 

takoyaki
Pengunjung Takoyaki Hiroshi di Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)

Hada memasak sendiri takoyaki sebelum dijual. Tiga tahun berjalan, bisnis takoyaki yang digeluti Hada Hiroshi semakin berkembang. Bahkan Hada Hiroshi sukses membuka tiga cabang. 

Anak Hada Hiroshi pun turut mengelola satu cabang kedai yang diberi nama Takoyaki Hiroshi yang beralamat di Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

takoyaki
Menu lain di Takoyaki Hiroshi di Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)

Selain Takoyaki, Hada Hiroshi juga menjual menu populer Jepang lainya seperti ramen dan gyouza. Untuk racikan masakan dan bumbu masih dikerjakan Hada sendiri. 

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, Rp14 ribu untuk satu porsi takoyaki sedangkan ramen dihargai Rp16 ribu sampai Rp20 ribuan saja. 

takoyaki
Harga di Takoyaki Hiroshi, Solo. (Eko Haryanto/Z Creators)

Pria jepang ini sudah mempekerjakan belasan karyawan untuk seluruh cabang bisnis makanan Jepang miliknya. Salah satu yang unik adalah Hada Hiroshi yang belum bisa berbahasa Indonesia selalu menggunakan aplikasi translate untuk berkomunikasi dengan karyawannya.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Eko Haryanto
Eko Haryanto

Eko Haryanto

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US