The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wanita ini Sebut 6 Kesalahan Fatal dalam Dunia Kerja Berdasarkan Pengalamannya Sendiri
Ilustrasi wanita karier. (Freepik)
Life

Wanita ini Sebut 6 Kesalahan Fatal dalam Dunia Kerja Berdasarkan Pengalamannya Sendiri

Senin, 23 Mei 2022 22:00 WIB 23 Mei 2022, 22:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam bekerja, mungkin terdapat hal-hal yang menjadi penghambat kita melakukan pekerjaan dengan baik. Salah satunya pemahaman dan juga komitmen dalam menyelesaikan segala urusan pekerjaan.

Seringkali terjadi kesalahan dalam bekerja yang membuat pekerjaan menjadi kacau hingga suasana kantor menjadi tidak nyaman. Padahal kesalahan-kesalahan tersebut bisa jadi berasal dari diri kita sendiri.

Baca Juga: Gak Perlu Bingung, Ini Cara Hadapi Pemimpin yang Tidak Konsisten

Dalam menanggapi hal tersebut, seorang wanita pemilik akun Twitter @sisthaaaaa membagikan pengalamannya selama bekerja di perusahaan berbeda tentang kesalahan dalam dunia kerja.

"7x pindah perusahaan, bergaul sama berbagai macam orang dari berbagai negara, baru kali ini liat langsung ada yang ga lulus probation. Kesalahan fatal yang wajib dihindari di dunia kerja," tulisnya memulai kicauan di akun Twitternya.

Ia lantas menjabarkan terdapat 6 hal yang wajib dihindari dalam bekerja. Keenam hal ini berasal dari diri individu maupun lingkungan sekitar yang mendukung nyamannya bekerja.

"1. Bilang “iya ngerti” padahal belum ngerti sepenuhnya. Ketika kita terima instruksi/arahan dan masih ada yang kurang paham, tanyakan saat itu juga. Jangan iya-iya aja dan asal kerjain. Terutama ketika kita masih jadi karyawan baru, semua harus dikonfirmasikan ke atasan," tulisnya.

Wanita ini pun menguraikan kesalahan lainnya dengan rinci mengenai kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang saat bekerja.

"2. Mengandalkan orang lain utk result check. Kerjaan kita ya tanggung jawab kita. Cek hasil kerjaan, kalau perlu 2x atau lebih, sebelum melaporkan ke senior/atasan. Jangan malah mikir “ah kan ntar dicek juga ama dia, jadi w ga usah cek.” Kacau ini tandanya ga ada tanggung jawab," sambungnya.

"3. Menyalahkan orang lain ketika ditegur. Ini salah 1 alasan utama yang bikin rekan kerjaku ga lulus probation. Tiap ditegur jawabannya selalu “abis si A (senior) ga ngajarin/ngasih tau.” Dan dia ngomong gitu di ruang publik. Orang Jepang paling benci sifat ini," katanya lagi lantaran wanita ini bekerja di Jepang.

Yang paling penting, wanita ini menekankan pada masalah kepala batu. Dalam bekerja seseorang dilarang mendului egonya sendiri, saat diberikan masukan seseorang harus berpikir lebih dulu apakah jalan tersebut baik atau tidaknya.

"6. Kepala batu atau ngeyel kalau dibilangin. Ketika kita sedang diberi instruksi kerja dan kita merasa “kayanya mending pakai cara ini deh”, sampaikan dengan data. Jangan motong omongan orang. Dengerin dulu instruksinya sampai habis, pahami konteksnya, baru sampaikan ide kalian," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US