Supaya Belanja di Tahun Baru Imlek Jadi Hoki, Ikuti Tips Berikut Ini
ilustrasi wanita belanja (pexels/mentatdgt)
Life

Supaya Belanja di Tahun Baru Imlek Jadi Hoki, Ikuti Tips Berikut Ini

Kamis, 16 Januari 2020 16:37 WIB 16 Januari 2020, 16:37 WIB

INDOZONE.ID - Tahun Baru Imlek akan tiba sebentar lagi. Menyambut hari besar  ini, biasanya orang-orang akan menyibukkan dirinya dengan berbelanja berbagai macam barang dan kebutuhan. Mulai dari pakaian, makanan hingga aksesoris agar Tahun Baru Imlek semakin berkesan.

Nah, biar belanja di Tahun Baru Imlek nggak boros dan jadi hoki, berikut ini ada sejumlah tips dari penasihat spiritual asal Chiang Mai, Thailand, Ajahn Thep Varman.

Berikut ini tips belanja hemat dan hoki di Tahun Baru Imlek.

1. Buat Anggaran

belanja
ilustrasi membuat anggaran belanja (unsplash/Hannah Olinger)

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum berbelanja ialah membuat anggaran. Meski tahun 2020 ini adalah shio Tikus Logam, yang penuh dengan peruntungan, anggaran untuk belanja tetap harus dibuat.

"Selalu lakukan perhitungan yang matang, sesuaikan dengan potensi dan kemampuan. Jika ada tantangan, fokuslah dalam mencari solusi,” ujar penasihat spiritual asal Chiang Mai, Thailand, Ajahn Thep Varman.

Ketika berbelanja, sebaiknya fokuskan pikiran pada barang dan harga yang sudah dimuat dalam daftar anggaran. Barang-barang diskon juga bisa jadi alternatif kamu supaya anggaran lebih hemat.

2. Resapi semangat Imlek

Imlek
ilustrasi keluarga mendekor rumah saat perayaan Imlek (Focused Collection)

Perayaan hari besar tak lengkap rasanya jika tak ada dekorasi yang menghiasi rumah atau kantor. Kamu bisa membeli aksesoris khas Imlek seperti lampion kertas, boneka dan koin emas tikus, angpao, stiker lucu dan gantungan genta angin. Selain membeli aksesoris penyemarak Imlek, coba letakkan kristal untuk dapat membawa keberuntungan dan ketenangan diri.

3. Tampil sehat saat Imlek

imlek
ilustrasi wanita merayakan Imlek (pexels/Tun)

Demi memeriahkan Imlek dengan membeli banyak barang, biasanya membuat orang-orang mengesampingkan masalah kesehatannya. Padahal, baju dan aksesoris yang sudah kita beli sampai tubuh kelelahan, bisa menjadi sia-sia jika saat Imlek kita jatuh sakit. Itulah kenapa, selain memperhatikan anggaran dan barang-barang yang dibutuhkan, kesehatan tetap harus dijaga.

4. Tampil kece saat Imlek

imlek
ilustrasi keluarga rayakan Imlek (Bridestory.co)

Semua orang yang merayakan Tahun Baru Imlek tentu ingin tampil kece di hari besarnya. Tapi, biasanya orang-orang akan menggelontorkan banyak biaya demi memiliki pakaian yang bagus. Padahal, perayaan Imlek nggak harus memakai pakaian mahal. Kamu bisa kok membeli pakaian sesuai dengan tema Imlek yang mendapat diskon. Selain anggaran lebih hemat, saat Imlek pun kamu jadi bisa tampil memukau.

5. Siapkan makanan secukupnya

makan
ilustrasi makanan saat perayaan Tahun Baru Imlek (unsplash/Huy Kutis)

Momen Tahun Baru Imlek memang saat-saat yang tepat seluruh anggota keluarga berkumpul. Kalau sudah begini, tak lengkap rasanya jika bersantai tanpa adanya camilan atau makanan. Nah, biar nggak boros, sediakan makanan secukupnya. Karena bisa saja, keluarga atau kerabat yang datang ke rumah membawa buah tangan untuk dinikmati bersama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU