The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Cara Menyelamatkan Diri saat Menghadapi Gempa Bumi
Ilustrasi gempa bumi (unsplash/@jensaber)
Life

10 Cara Menyelamatkan Diri saat Menghadapi Gempa Bumi

Senin, 17 Januari 2022 18:33 WIB 17 Januari 2022, 18:33 WIB

INDOZONE.ID - Gempa bumi terjadi ketika kerak bumi mengalami pergerakan atau pergeseran yang menimbulkan getaran pada permukaan bumi. 

Selain menyebabkan getaran, gempa bumi juga berpotensi mengakibatkan tanah longsor, tsunami, keretakan tanah, dan kerusakan bangunan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengingat dan mempelajari cara menghadapi gempa bumi sebagai upaya penyelamatan dan pertolongan dini.

Cara Menghadapi Gempa Bumi

Berikut Indozone bagikan tips cara menghadapi gempa bumi yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dan menyelamatkan nyawa dari bahaya yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

1. Gempa bumi di dalam ruangan


cara menghadapi gempa bumi

Ilustrasi gempa bumi (seckinesen.com)

Umumnya, gempa bumi paling banyak dialami saat masyarakat sedang berada di dalam ruangan, seperti rumah, kantor, gedung, dan mal. Langkah pertama cara menghadapi gempa bumi saat berada di dalam ruangan, yakni dengan melindungi diri dari reruntuhan akibat gempa yang terjadi. 

  • Pakai pelindung kepala

Kamu bisa pakai alat pelindung kepala seperti helm, papan, atau bantal agar kepala tetap aman. Hindari keluar ruangan jika situasi ruangan tidak terlalu buruk.

  • Berlindung di bawah perabot kokoh

Saat terjadi gempa, sebaiknya langsung mencari perabotan yang kokoh seperti meja, dan berlindung di bawahnya. 

  • Jauhi benda rawan roboh dan pecah

Jauhi benda-benda yang rawan roboh dan pecah seperti kaca, jendela, pintu, lampu-lampu gantung, dan langit-langit rumah.

  • Turun dari gedung bertingkat

Jika saat terjadi gempa bumi kamu berada di dalam gedung bertingkat seperti kantor dan pusat perbelanjaan, segeralah bergerak keluar gedung dengan tertib.

  • Jangan gunakan lift

Gempa bumi berpotensi merusak aliran listrik sehingga mengakibatkan lift mati. Jadi, hindari penggunaan lift karena kamu bisa saja terjebak di dalamnya. Gunakanlah tangga untuk turun.

2. Gempa bumi di alam terbuka


cara menghadapi gempa bumi

Ilustrasi gempa bumi (elitenewsfeed.com)

Cara menghadapi gempa bumi saat berada di alam terbuka yakni dengan melindungi diri dari robohnya bangunan di sekitar, sekaligus menghindari bencana lain akibat gempa yang terjadi.

  • Hindari bangunan rawan roboh

Saat kamu mengalami gempa di alam terbuka, segera menjauh dari bangunan yang bisa saja roboh. Hindari pula tiang listrik dan pepohonan.

  • Cari tanah lapang

Berlarilah menuju tanah lapang yang tidak dipenuhi pepohonan. Perhatikan juga struktur tanah yang dipijak untuk menghindari keretakan akibat gempa bumi.

  • Jauhi pantai

Jika kamu sedang berada di dekat pantai saat terjadi gempa, segera pergi ke dataran yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.

  • Jangan berdiri dekat tebing

Saat gempa terjadi dan kamu sedang berada di daerah pegunungan, sebaiknya jangan berdiri di dekat tebing karena berpotensi longsor.

  • Keluar dari kendaraan

Segera matikan kendaraan apabila kamu berada di dalam kendaraan saat terjadi gempa. Turun dan cari tempat terbuka yang aman. Reruntuhan bangunan bisa membuat kamu terjebak di dalam kendaraan.

3. Antisipasi setelah gempa bumi


cara menghadapi gempa bumi

Ilustrasi pertolongan pertama gempa bumi (sfgate.com)

Ketika gempa bumi sudah reda, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan keadaan aman terkendali sembari melakukan penyelamatan terhadap korban gempa bumi. Simak cara mengatasi gempa bumi berikut ini:

  • Perhatikan keadaan sekitar

Saat kamu berada di dalam rumah, cek apakah ada kebocoran gas, kebocoran pipa air, kebakaran kecil, korsleting pada aliran listrik. Untuk sementara jangan menyalakan api.

  • Jangan masuk ke bangunan yang runtuh

Sebaiknya hindari mecoba masuk ke dalam bangunan yang sudah roboh akibat gempa, untuk mengantisipasi kemungkinan masih terdapat sisa reruntuhan yang dapat membuat tubuh cedera.

  • Evakuasi ke tempat aman

Ketika gempa bumi sudah mereda, segera selamatkan diri ke tempat pengungsian atau posko darurat. Mintalah pertolongan kepada warga setempat atau hubungi kerabat terdekat.

  • Lakukan pertolongan pertama

Ketika kamu atau orang yang kamu kenal terluka akibat gempa bumi, segera lakukan pertolongan pertama. Jika kondisinya parah, langsung cari bantuan dan bawa ke rumah sakit.

  • Waspada gempa susulan

Gempa susulan bisa saja muncul dengan rentang jarak yang tidak dapat diprediksi. Penting bagi kamu untuk mempersiapkan tas siaga bencana yang berisi dokumen penting, pakaian, alat komunikasi, senter, obat-obatan, makanan cadangan, dan peluit.

4. Tanda-tanda akan terjadi gempa bumi


cara mengatasi gempa bumi
Ilustrasi tanda-tanda gempa bumi (unsplash/@jensaber)

Sebelum gempa bumi terjadi, biasanya akan muncul tanda-tanda khusus atau gejala aneh di sekitar kita. Hal tersebut disebabkan oleh gelombang elektromagnet dari dasar bumi yang muncul ke permukaan, lalu ditangkap oleh makhluk hidup atau benda dengan sensitivitas yang tinggi. Berikut ini tanda-tanda akan terjadi gempa bumi yang perlu kamu ketahui:

  • Muncul awan berbentuk seperti angin, pohon, atau batang.
  • Siaran televisi akan mengalami gangguan dan timbul suara.
  • Mesin fax akan berkelip meski sedang tidak transmit data.
  • Lampu neon akan tetap menyala redup saat listrik dimatikan.
  • Hewan akan bertingkah aneh seperti bersembunyi, mengamuk, atau mengeluarkan suara yang tak biasa.
  • Air tanah tiba-tiba surut.

Itulah cara menghadapi gempa bumi yang bisa kamu terapkan. Siapkan juga mentalmu dan bersikap tenang serta selalu berdoa di mana pun berada.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Indriyana
Ikhsan

Ikhsan

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US