The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ucapan Selamat Idul Fitri 2021/1442 yang Benar Sesuai Tuntunan Sunnah Rasulullah
Ilustrasi ucapan Idul Fitri (Freepik)
Life

Ucapan Selamat Idul Fitri 2021/1442 yang Benar Sesuai Tuntunan Sunnah Rasulullah

Rabu, 12 Mei 2021 12:24 WIB 12 Mei 2021, 12:24 WIB

INDOZONE.ID - Idul Fitri menjadi momentum kemenangan bagi kaum Muslimin setelah menjalani ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh.

Ketika Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, orang-orang pun menyiapkan kata-kata ucapan Hari Raya Idul Fitri 2021 terbaik untuk dikirimkan ke keluarga, saudara, dan rekan-rekan lainnya.

Tak hanya berisi ucapan, kata-kata Selamat Hari Raya Idul Fitri biasanya dibarengi dengan permohonan maaf dan doa setulus hati.

Ucapan Idul Fitri Sesuai Sunnah Rasulullah

ucapan Hari Raya Idul Fitri sesuai sunnah Rasulullah
Ucapan Idul Fitri (Freepik)

Ada banyak cara mengucapkan Hari Raya Idul Fitri, misalnya dengan ucapan 'Minal Aidin wal Fadizin'. Lalu, bagaimana ucapan Idul Fitri sesuai sunnah Rasulullah?

Dari Jubair bin Nufair, ia mengatakan bahwa ketika para sahabat Rasululllah berjumpa dengan Hari Raya Idul Fitri, mereka pun saling mengucapkan kalimat "taqobbalallahu minna wa minkum".

Ucapan Idul Fitri 'taqobbalallahu minna wa minkum' memiliki arti "semoga Allah menerima amalku dan amal kalian".

Sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad rahimahullah, dengan berkata, "Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka."

Salah seorang ulama, Harb mengatakan, "Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya 'ied (Idul Fitri dan Idul Adha), apakah dengan ucapan, 'Taqobbalallahu minna wa minkum'?."

Imam Ahmad menjawab, "Tidak mengapa mengucapkan seperti itu." Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

ucapan Hari Raya Idul Fitri sesuai sunnah Nabi Muhammad
Ilustrasi ucapan Hari Raya Idul Fitri (Freepik)

Ada pula yang mengatakan, "Apakah Watsilah bin Al Asqo’ juga berpendapat demikian?", lalu Imam Ahmad berkata, "Betul demikian". 

Kemudian ada pula yang mengatakan, "Mengucapkan semacam tadi tidaklah dimakruhkan pada hari raya ‘ied". Lalu, Imam Ahmad mengatakan, "Iya betul sekali, tidak dimakruhkan."

Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad.

Ia berkata, "Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni salat ‘ied, satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka’."

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?”

Beliau rahimahullah menjawab, “Ucapan selamat ketika hari raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).”

kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri sesuai sunnah Rasulullah
Idul Fitri (Freepik)

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ucapan selamat hari raya itu bebas, bisa dengan ucapan “Selamat Hari Raya”, “Taqobbalallahu minna wa minkum” dan lainnya. 

Ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” pun tidak dikhususkan saat Idul Fitri saja, ketika Idul Adha pun dianjurkan ucapan semacam ini sebagaimana kita dapat melihat dalam penjelasan berbagai riwayat di atas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US