6 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Dilirik HRD, Simak!

- Rabu, 13 April 2022 | 15:03 WIB
Surat Lamaran Kerja (unsplash.com/@jeshoots)
Surat Lamaran Kerja (unsplash.com/@jeshoots)

Untuk masuk ke sebuah perusahaan, selain dibutuhkan keahlian, tentu kamu harus mempersiapkan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja yang bagus akan dengan mudahnya dilirk oleh tim Human Resource (HRD) atau Recruiter

Bagi beberapa orang, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tidaklah mudah, tentu dibutukan ketelitian dan kerapihan. Maka itu, INDOZONE merangkum beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang bikin dilirik HRD. 

Simak yuk!

1. Jangan gunakan background berwana-warni

-
Background bersih surat lamaran kerja (unsplash.com/@markuswinkler)

Cara membuat surat lamaran kerja pertama adalah hindari penggunaan background yang bermacam warna. Hal ini untuk menghindari penilaian buruk dari HRD karena surat lamaran kerja yang kamu buat terkesan tidak serius. 

2. Gunakan Bahasa Baku dengan Rapih

-
Membuat surat lamaran kerja dengan bahasa baku (unsplash.com/@joaoscferrao)

Penting hukumnya dalam surat lamaran kerja untuk memakai bahasa yang baku, jelas, dan rapih. Dalam penulisannya pun, kamu harus meperhatikan tanda baca hingga diksi yang dipakai sehingga surat lamaran kerja kamu bisa dilirik HRD.

3. Sampaikan Perihal dengan Jelas

-
Ilustrasi membuat surat lamaran kerja (unsplash.com/@kaitlynbaker)

Ketika kamu membuat surat lamaran kerja, kamu pasti akan membuat bagian pembuka sebagai tanda perkenalan kepada HRD perusahaan yang dituju. Nah, ketika membuat ini, kamu dianjurkan menyampaikannya dengan singkat, padat dan jelas dan tidak bertele-tele.

4. Lengkapi Data yang Dibutuhkan secara Asli 

-
Ilustrasi Identitas diri (maucash.id)

Perusahaan yang membuka lowongan kerja biasanya memberikan beberapa syarat data diri kepada kandidatnya untuk dipenuhi. Saat kamu mengetahui apa saja syarat tersebut, ada baiknya kamu sampaikan dan lengkapi syarat-syarat tersebut dengan data asli . 

5. Lampirkan Dokumen Pendukung

-
Ilustrasi dokumen (unsplash.com/@golfarisa)

Untuk memperkuat surat lamaran kerja, kamu bisa melampirkan lebih dokumen pendukung. Biasanya dokumen pendukung ini bisa berupa sertifikat pelatihan atau pengalaman kerja atau portofolio. Jadi, surat lamaran kerja kamu tidak hanya kuat, tetapi juga memiliki potensi untuk dilirik oleh tim HRD. 

6. Gunakan Format yang Benar 

-
Contoh surat lamaran kerja (gramedia.com)

Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir adalah dengan menggunakan format yang benar. Dalam hal ini, format surat lamaran kerja biasanya memasukkan;

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang dituju
  • Salam hormat
  • Kata pengantar
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja dan skill
  • Penutup

Nah, itulah beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan bikin dilirik HRD. Sejatinya, tim Recruiter atau HRD tidak memiliki waktu banyak untuk memeriksa satu-persatu surat lamaran kerja kandidat. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus dibuat sangat komprehensif dan efektif dibaca, namun tetap menjelaskan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X