Jadi Kaya Bisa Bikin Umur Lebih Panjang
Ilustrasi orang kaya (Unsplash/freestocks.org)
Life

Jadi Kaya Bisa Bikin Umur Lebih Panjang

Jumat, 17 Januari 2020 14:35 WIB 17 Januari 2020, 14:35 WIB

INDOZONE.ID - Seorang peneliti mengungkapkan bahwa kesejahteraan berpengaruh dalam tingkat harapan hidup. Dikutip dari The Journals of Gerontology, semakin kaya seseorang tersebut, maka semakin besar pula peluangnya untuk hidup lebih lama di dunia.

Penelitian yang dilakukan oleh University College London tersebut melibatkan lebih dari 25 ribu orang berusia 50 tahun ke atas. Para peneliti kemudian membagi responden ke dalam tiga kelompok berdasarkan tingkat kekayaan mereka masing-masing.

orang kaya
Ilustrasi orang kaya (Unsplash/Blake Barlow)

Hasilnya, mereka menemukan bahwa kekayaan merupakan faktor sosial-ekonomi yang paling besar untuk memprediksi tantangan-tantangan yang akan dihadapi orang yang sudah lanjut usia.

Dari hasil penelitian ini juga diungkapkan bahwa mereka yang memiliki banyak harta rata-rata menjalani hidupnya dengan kondisi tubuh masih sehat dan kuat 9 tahun lebih lama, dibandingkan dengan mereka yang memiliki uang pas-pasan.

Studi itu juga mengungkapkan bahwa wanita kaya diperkirakan mampu beraktivitas dan hidup normal selama 33 tahun ketika ia lanjut usia. Sementara itu, wanita miskin diprediksi hanya bisa beraktivitas dan hidup normal selama 24 tahun.

orang kaya
Ilustrasi orang kaya (Unsplash/freestocks.org)

Sementara, untuk pria kaya, mereka bisa hidup normal dan tidak sulit beraktivitas selama 31 tahun. Berebeda dengan pria miskin yang hanya mampu hidup normal sampai 23 tahun.

Hidup normal yang dimaksud di sini adalah mampu beraktivitas seperti biasa dengan kondisi fisik yang masih sehat dan tidak ada gangguan fisik. Misalnya seperti, sulit menggerakkan tubuhnya, sulit mengunyah makanan serta gangguan lainnya yang biasa dirasakan para lansia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU