The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Speechless! Datang ke Festival Indonesia, Bule Jerman Syok Lihat Reog Ponorogo dan Gamelan
Pertunjukan Reog Ponorogo di Jerman (Z Creators/Aulia Kurnia)
Life

Speechless! Datang ke Festival Indonesia, Bule Jerman Syok Lihat Reog Ponorogo dan Gamelan

Rabu, 21 September 2022 10:33 WIB 21 September 2022, 10:33 WIB

INDOZONE.ID - Di luar negeri, berbagai kegiatan berbau promosi Indonesia biasanya digelar dalam acara dan waktu terbatas apalagi di masa pandemi Covid-19. Namun yang satu ini baru pertama kalinya digelar gede-gedean di Frankfurt, Jerman dan berlangsung meriah. Nama kegiatannya ‘Indonesia Festival Frankfurt (IFF) 2022’.

Kebetulan Tim Z Creators, Aulia Kurnia, berpartisipasi di acara tersebut.

Acara yang digelar  KJRI Frankfurt bekerja sama dengan Merah Putih Sejati (Merpati) e.V. ini berlangsung selama 3 hari, yakni dari 16 sampai 18 September 2022.

indonesia frankfurt festival
IFF 2022 digelar setelah vakum dua tahun (Z Creators/Aulia Kurnia)

Kegiatan yang berlokasi di Salbaau Titus Forum tersebut punya banyak jenis acara. Mulai dari yang formal sampai yang seru-seruan, seperti pameran perdagangan dan investasi, festival kuliner, pagelaran seni budaya, forum pariwisata, forum bisnis dan berbagai workshop mengenai Indonesia.

Workshop yang tersedia macam-macam, ada bermain gamelan, merangkai manik-manik, pengetahuan batik, menari reog, membuat jamu sampai belajar bahasa Indonesia buat pemula. Ternyata banyak bule yang kepo meski sebagian masih banyak yang belum tahu apa-apa soal Indonesia.

indonesia frankfurt festival
Bule Jerman penasaran main gamelan (Z Creators/Aulia Kurnia)

Kemudian, kegiatan panggung utama juga jadi salah satu daya tarik. Tarian berbagai daerah, permainan angklung hingga pertunjukan Reog Ponorogo sukses bikin pengunjung terpukau.

Selain itu, dalam panggung utama setiap harinya digelar undian berhadiah untuk pengunjung. Mereka yang membeli tiket, mendapatkan satu nomor undian yang hadiahnya bermacam-macam. Mulai dari mie instan satu dus, voucher hotel sampai tiket pesawat Jerman-Indonesia.

Ternyata pemenangnya adalah orang Indonesia bernama Dimas Sasongko. Lumayan banget kan, modal 5 Euro dapet tiket mudik.

indonesia frankfurt festival
Pameran kerajinan khas Indonesia (Z Creators/Aulia Kurnia)

IFF 2022 ini menyasar warga Jerman dan internasional lain yang pengen tahu banyak soal Indonesia. Meski begitu, enggak sedikit juga orang Indonesia yang tersebar di penjuru Jerman dan negara sekitarnya hadir ke acara ini.

Ada WNI yang tinggal di Belanda sampai Swiss sengaja jauh-jauh datang ke Frankfurt untuk melepas rindu dengan makanan dan suasana Tanah Air.

indonesia frankfurt festival
Jual makanan khas Indonesia (Z Creators/Aulia Kurnia)

Enggak disangka, ternyata tiket buat tiga hari nyaris sold out sebelum hari-H. Harga tiketnya dibanderol 5 Euro atau sekitar Rp75 ribu per hari. Bahkan saat hari-H banyak yang dateng ke lokasi, namun sayangnya mereka belum beruntung karena pengelola membatasi maksimal 1.000 orang dalam gedung. Namun jika dijumlah secara keseluruhan, ada sekitar total 4.000 orang selama event berlangsung. Wow!

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Aulia Kurnia Hakim
Aulia Kurnia Hakim

Aulia Kurnia Hakim

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US