The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lakukan Hal Ini Biar Tetap Aktif #DiRumahAja Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi work from home (WFH). (Unsplash/Daria Nepriakhina)
Life

Lakukan Hal Ini Biar Tetap Aktif #DiRumahAja Selama Pandemi Covid-19

Harus tetap bergerak.

Senin, 23 Maret 2020 12:35 WIB 23 Maret 2020, 12:35 WIB

INDOZONE.ID - Penyebaran pandemi virus Covid-19 terus membayangi seluruh masyarakat Indonesia. Peningkatan kasus yang terus terjadi dari hari ke hari tentu menjadi pukulan berat bagi bangsa ini. Seminggu sudah, pemerintah memberlakukan sistem Work From Home (WFH), bagaimana apakah masih produktif dan semangat?

Banyak orang yang masih memerlukan waktu untuk menerapkan kebiasaan selama wfh. Diantaranya mengaku sudah bosan, kurang gerak dan terlalu banyak ngemil, sehingga memicu berbagai macam gangguan pada tubuh. Padahal kondisi seperti ini tdak dianjurkan selama WFH.

Melihat hal ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) melalui edaran rilis yang diterima Indozone Minggu (22/3/2020) menyampaikan agar tetap aktif selama menjalani WFH. Tagar #DirumahAja pun terus ramai digunakan oleh warganet di sosial media, sebagai upaya penekan kasus Covid-19.

1. Lakukan Olah Gerak Tubuh dengan Aerobik

aerobik
Ilustrasi perempuan melakukan aerobik. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu bisa melakukan gerakan aerobik dimana saja, baik indoor maupun outdoor. Ada baiknya tetap mengutamakan social distancing. Misalnya, ajak teman-teman atau tetangga di sekitar lingkungan rumah untuk aerobik.

Masing-masing bisa berdiri di teras atau halaman rumah, namun mengikuti gerakan dan irama yang sama. Kegiatan seru ini juga telah banyak dilakukan oleh masyarakat di sejumlah negara, videonya pun ramai dan tersebar di Instagram.

Aktivitas lainnya juga bisa kamu lakukan misalnya jalan santai di dalam rumah dan naik turun tangga. Lakukan selama 10-15 mmenit dalam 2-3 kali sehari.

2. Melatih Kekuatan Otot

push up
Ilustrasi melakukan push-up. (LESMILLS)

'Kaum Rebahan' wajib melatih gerakan otot selama di rumah. Nggak perlu repot pergi ke tempat gym, kamu juga bisa melakukan stretching sederhana, seperti:

  • Squat (jongkok-berdiri)
  • Lunges
  • Push up

3. Stretching Break

plank
Ilustrasi melakukan plank. (PEOPLE)

Meskipun di rumah, kamu tetap harus melakukan aktivitas guna melatih otot dan saraf tubuhmu. Hindari duduk atau rebahan sepanjang hari, cobalah untuk bergerak dan melakukan peregangan 2 jam sekali. Karena banyak melakukan gerakan mampu memperbaiki serta meningkatkan imunitas tubuh.

Perlu diingat latihan fisik dengan intensitas sedang dapat meningkatkan sistem umun. Namun latihan fisik tinggi dengan volume tinggi justru dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US