Cara Mengatasi Semangat Kerja yang Mulai Menurun

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 15:28 WIB
Ilustrasi semangat kerja mulai menurun (Pexels/Bruce Mars)
Ilustrasi semangat kerja mulai menurun (Pexels/Bruce Mars)

Semangat kerja erat kaitannya dengan motivasi kerja. Motivasi kerja merupakan suatu keinginan yang kuat yang berasal dari dalam diri untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri yang membuat seseorang cenderung untuk melakukan sesuatu. Selain faktor internal dan eksternal, motivasi seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor biologis, sosial, intelektual dan emosional, sehingga kita dapat mengatakan bahwa motivasi sangatlah kompleks.

Terkadang motivasi kerja yang mulai menurun tidak boleh didiamkan. Untuk itu, diperlukan kiat-kiat tertentu agar semangat dan motivasi kerja kembali bergairah. 

Berikut ini cara mengatasi semangat kerja yang mulai munurun:

1. Ingatlah awal mula perjuangan karier kamu dulu

-
Ilustrasi diterima kerja (Pexels/Rawpixel)

Apabila kamu mulai merasa lelah dalam bekerja, coba ingat lagi awal mula perjuangan kamu dalam mencari kerja, atau pun dalam mengembangkan karier kamu sampai sekarang. 

Mungkin dulu, kamu mengalami betapa sulitnya mencari kerja sampai akhirnya mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, jangan sampai perjuangan yang sudah kamu lakukan pada awal karier dulu sia-sia begitu saja. Bangkitlah dan berikan yang terbaik untuk lebih meningkatkan karier kamu.

2. Jangan biarkan keadaan menguasi dirimu

-
Ilustrasi kewalahan saat bekerja (Pexels/energepic)

Kewalahan ini dan itu memang seringkali kita alami. Keterbatasan diri membuat kita tidak mampu untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Akan tetapi, bukan berarti keterbatasan ini membuat kita malas. Atau bahkan tidak bernafsu untuk bekerja.

Rasa malas adalah sesuatu yang harus dilawan. Jangan pernah biarkan rasa malas terus menerus menguasai diri kamu. Ingat, kamu berkuasa penuh atas diri sendiri. Jangan biarkan keadaan sekitar malah membuat atau menambah rasa malas. Bangkitlah dan mulai beraktivitas!

3. Istirahat sejenak

-
Ilustrasi istirahat (Pexel/Mentatdgt)

Jika pikiran dan otot sudah tidak bisa fokus lagi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan, maka jangan dipaksakan karena dapat membuat kualitas hasil kerja menjadi buruk.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan rehat atau istirahat sejenak sekitar 10 menit untuk merelaksasi otak dan otot kamu. Saat rehat tersebut, kamu bisa melakukan stretching atau ke luar ruangan untuk melihat situasi luar kantor.

4. Bangun semangat dengan menggali inspirasi baru

-
Ilustrasi (Pexel/Helena Lopes)

Minum secangkir kopi bersama teman-teman di pagi hari dengan beberapa topik obrolan ringan dapat menjadi cara untuk memunculkan inspirasi baru yang biasanya juga dapat menambah semangat kerja kamu. Bahkan merayakan momen kecil di kantor juga bisa membuat motivasi kembali bergairah.

5. Buat target pendek

-
Ilustrasi merencanakan target kerja. (Pexels/Zoe Pappas)

Terkadang, proyek yang besar dan rumit membuat kamu gelisah dan banyak dari kita cenderung merasa kehilangan motivasi karena beranggapan jalan di depan akan semakin menakutkan. Mungkin, ada yang mandek karena tidak tahu bagaimana memulai dan fokus pada keseluruhan proyek.

Setiap tugas yang tampaknya menakutkan bagi kamu, bagilah menjadi beberapa pencapaian target yang lebih kecil. Dengan demikian pekerjaan kamu akan lebih tersusun detail. Saat menyelesaikan beberapa target kecil, kamu akan lebih termotivasi untuk membuat kemajuan lain yang lebih baik.

Editor: Administrator

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X