The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Sukses di Usia Muda? Coba 9 Kebiasaan Baik Ini dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi sukses (photo/Unsplash/Razvan Chisu)
Life

Ingin Sukses di Usia Muda? Coba 9 Kebiasaan Baik Ini dalam Kehidupan Sehari-hari

Senin, 03 Agustus 2020 08:00 WIB 03 Agustus 2020, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Ketika teknologi berkembang dan informasi menjadi lebih mudah diakses, banyak orang terjebak ketika mencoba menemukan formula sebenarnya untuk sukses.

Kamu bisa menjadi bingung dan campur aduk ketika mencoba menemukan tips sukses melalui internet. Kamu mungkin akan menemukan beberapa kursus, artikel, video, dan buku tentang cara mencapai kesuksesan secara finansial.

Sebenarnya hal ini tidak serumit itu. Bagaimana jika kamu dapat mencapai kesuksesan hanya dengan mengikuti 9 kebiasaan ini?

1. Pengembangan pribadi

Ilustrasi pengusaha
Ilustrasi pengusaha (photo/Unsplash/Andreas Klassen)

Kebiasaan sehari-hari yang memiliki kesamaan dengan para jutawan adalah membaca. Misalnya, jika kamu adalah seorang wirausahawan, kamu pastinya perlu membaca cara menjadi pemimpin yang efisien dan pemiliki bisnis yang produktif.

Membaca akan membantu kamu untuk tumbuh dan belajar tanpa pergi ke sekolah bisnis. 

2. Membangun berbagai sumber penghasilan

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang (photo/Pixabay/Nattanan Kanchanaprat)

Kebiasaan lain yang perlu diperhatikan adalah jangan bergantung pada satu sumber pendapatan tunggal. Kamu perlu memiliki banyak sumber pendapatan. Hal ini akan membantu kamu mengelola tantangan ekonomi dan menghasilkan lebih banyak uang.

Kamu mungkin bisa mencoba mendapatkan pendapatan pasif. Bisa dari bunga pinjaman, pendapatan sewa dari real estat, royalti, dividen dari investasi. Kamu juga bisa mengerjakan bisnis samping seperti menjalankan situs web atau menjual produk secara online.

Mau penghasilan pasif atau aktif, kamu harus selalu belajar cara untuk membangun berbagai aliran pendapatan.

3. Hidup dengan anggaran bulanan yang ditetapkan

Ilustrasi anggaran bulanan
Ilustrasi anggaran bulanan (photo/Pexels/Pixabay)

Seorang jutawan biasanya tidak percaya pada keberuntungan atau jackpot. Mereka meluangkan waktu untuk memahami pendapatan dan pengeluaran mereka. Berdasarkan hal ini, mereka menetapkan anggaran bulanan dan berpegang teguh pada itu.

Inti dari anggaran ini adalah untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu. Ini akan membantu kamu mendapatkan kendali penuh atas kehidupan finansial kamu

Penganggaran membantu kamu menghindari pengeluaran berlebihan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

4. Kelola dan maksimalkan uang

Ilustrasi finansial
Ilustrasi finansial (photo/Unsplash/Micheile Henderson)

Pendidikan paling penting untuk meningkatkan kecerdasan finansial. Tidak ada yang dapat mencapai kebebasan finansial tanpa memperoleh kecerdasan finansial. Kecerdasan finansial juga akan membantu kamu memahami strategi pajak.

5. Hindari utang

Ilustrasi kartu kredit
Ilustrasi kartu kredit (photo/Pixabay/Steve Buissinne)

Kebiasaan lain yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana kamu mengelola hutang.

Kamu tidak perlu menjalani gaya hidup mewah. Alih-alih menghamburkan uang, kamu bisa membeli apa yang benar-benar kamu butuhkan dan pastinya sanggup membayarnya daripada berhutang.

Sebisa mungkin menghindari hutang atau pinjaman dan kartu kredit. Cobalah membayar apapun yang kamu butuhkan dengan uang yang kamu miliki.

6. Tetapkan tujuan harian

Ilustrasi menulis tujuan harian
Ilustrasi menulis tujuan harian (photo/Pexels/Pixabay)

Kamu perlu merencanakan tujuan harian dan mingguan untuk menghasilkan momentum dalam mencapai tujuan jangka panjang.

Pastikan kamu membuat prioritas dalam menetapkan tujuan harian. Ini akan membantu kamu untuk mengeluarkan uang pada hal paling penting dalam daftar kamu.

Menentukan prioritas akan membantu kamu untuk fokus pada kegiatan yang sangat bermanfaat. Jika kamu menginginkan kebebasan finansial, mengejar kegiatan yang akan memberi kamu jutaan rupiah daripada ratusan ribu akan sangat menguntungkan.

7. Jangan berlagak kaya

Ilustrasi hidup sederhana
Ilustrasi hidup sederhana (photo/Pexels/Willian Justen de Vasconcellos)

Tujuannya bukan untuk berlagak kaya, tetapi untuk menjadi produktif. Sebagai contoh, banyak para jutawan tidak menghabiskan uang mereka pada mobil mewah yang cenderung turun nilainya dalam beberapa tahun. Para jutawan tersebut malah berinvestasi dalam aset yang berharga.

8. Miliki atau beli bisnis

Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi (photo/Pixabay/TheDigitalWay)

Dalam kuadran arus kas Robert Kiyosaki, ia membagi cara kamu mendapatkan penghasilan menjadi empat kuadran. Kuadra E dan S mengambil posisi kiri, sementara B dan I berada di sisi kanan. Menurut Robert, semua orang bisa berada di semua kuadran, tetapi para jutawan tidak.

  • E adalah singkatan dari karyawan (employee) - mereka bekerja untuk orang lain
  • S adalah singkatan dari wiraswasta (self-employed) - mereka bekerja untuk diri mereka sendiri
  • B adalah singkatan dari Pemiliki bisnis (business owner) - karyawan yang bekerja untuk mereka (500 atau lebih karyawan)
  • S adalah singaktan dari Investor - Uang bekerja untuk mereka Warren Buffet

Tujuan kamu adalah pindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan tempat kamu memiliki bisnis besar atau menghasilkan uang.

9. Hindari skema cepat kaya

Ilustrasi kesabaran
Ilustrasi kesabaran (photo/Unsplash/Tyler Milligan)

Seorang jutawan memegang teguh kesabaran sebagai hal paling penting. Dibutuhkan kesabaran untuk menjadi sukses, tidak hanya di bidang keuangan, tetapi di setiap aspek kehidupan.

Meskipun kamu mungkin bisa sukses secara finansial pada usia dini, sebagian besar jutawan memulainya pada usia 50. Mereka menjalani kehidupan yang moderat, berinvestasi dalam masa depan mereka dan pensiun dengan kaya.


Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat kamu sukses yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer
JOIN US
JOIN US