The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Mengatasi Stres Pemicu Masalah Mental Bagi Pekerja Kantoran
Ilustrasi mencicil pekerjaan (Unsplash/@thisisengineering)
Life

5 Cara Mengatasi Stres Pemicu Masalah Mental Bagi Pekerja Kantoran

Selasa, 20 Oktober 2020 12:01 WIB 20 Oktober 2020, 12:01 WIB

INDOZONE.ID - Tekanan kerja menumpuk dan rasa jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja seringkali menjadi pemicu stres di kantor.

Belum lagi, kalau misalnya ada masalah keluarga yang terkadang terbawa-bawa sampai ke tempat kerja dan menambah daftar panjang pemicu stres itu.

Parahnya, kondisi stres tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah mental, terutama bagi pekerja kantoran.

Cara Mengatasi Stres Bagi Pekerja Kantoran

Pada dasarnya, dunia kerja adalah dunia yang penuh tekanan yang sangat mungkin membuat kamu mengalami stres kerja.

Terkadang seberapa pun rasa cinta kamu dengan pekerjaanmu, fakta ini tetap sulit untuk dihindari. Apalagi bagi kamu yang belum mencintai pekerjaanmu, tentu saja stres kerja akan lebih sulit lagi untuk dihindari.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres yang memicu masalah mental bagi pekerja kantoran tersebut? Kali ini, Indozone akan membahasnya dalam artikel berikut ini.

1. Dengarkan musik

cara mengatasi stres bagi pekerja kantoran di tempat kerja
Ilustrasi mendengarkan musik di tempat kerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tau nggak, ternyata salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik, lho. Itu karena mendengarkan musik membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tentu saja mengurangi tingkat stres.

Sama seperti sayuran hijau yang bisa meningkatkan mood, begitu pula dengan kebiasaan mendengar musik yang mampu mengembalikan mood bahagia kamu. 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan Dr. Teresa Lesiuk mengenai pengaruh musik pada pekerjaan, dia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik.

Jadi, jika sedang penat dengan pekerjaan, rehatlah sejenak, lalu dengarkan musik favoritmu, kira-kira 15 menit sampai 30 menit sampai kamu merasa tenang.

Cobalah dengarkan musik tanpa lirik, karena jenis musik seperti itu termasuk yang ideal menurunkan tingkat stres.

2. Tertawa

cara mengatasi stres bagi pekerja kantoran
Ilustrasi tertawa di kantor (Unsplash/@brookecagle)

Jika pekerjaan membuat kamu stres, tertawalah. Kamu dapat memaksakan diri tertawa atau tertawa melihat video lucu.

Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak kamu. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.

Semisal kamu punya ruangan sendiri, kamu akan nyaman tertawa karena tidak mengganggu orang lain.
Bagaimana jika kamu tidak punya ruangan sendiri dan ingin tertawa? Mungkin, kamu bisa melakukannya di toilet. 

Lihat diri kamu di cermin, lalu tertawa. Awalnya kamu akan merasa janggal, namun nantinya kamu akan terbiasa dengan treatment seperti ini.

3. Buat tempat kerja senyaman mungkin

cara mengatasi stres dan tekanan di tempat kerja
Ilustrasi meja kantor di tempat kerja (Unsplash/@ryanqyao)

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan.

Alih-alih nyaman bekerja, yang ada justru memicu tingkat stres tinggi di kantor. Oleh karena itu, atur ulang tempat kerjamu agar tidak bosan dan stres.

Stres kerja mungkin menjadi hal yang tidak dapat kamu hindari. Tapi apapun itu, cobalah tetap fokus pada solusi, bukan pada masalah yang kamu alami. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berpikir positif, ya!

4. Jangan ragu meminta bantuan

cara mengatasi stres pemicu masalah mental bagi pekerja kantoran
Ilustrasi minta bantuan teman (Unsplash/@austindistel)

Penyebab utama tertekan dalam pekerjaan adalah karena kamu mengerjakan segala sesuatu sendiri. Maka dari itu, enggak ada salahnya kok berbagi keluh kesah kepada rekan kerjamu.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa meminta bantuan teman, sehingga pekerjaan pun menjadi lebih ringan. Riset membuktikan bahwa ternyata mengerjakan segala sesuatu bersama dengan teman, efektif mengurangi tekanan dan stres di tempat kerja.

5. Cicil pekerjaan sedikit demi sedikit

cara mengatasi stres bagi pekerja kantoran
Ilustrasi mencicil pekerjaan (Unsplash/@thisisengineering)

Menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat kamu tertekan saat deadline tiba. Di situasi itu, kamu harus meningkatkan tenaga dan juga pikiran untuk menyelesaikan tugas-tugas yang terbengkalai.

Nah, agar kamu tidak jadi stres dan tertekan, pastikan kamu jangan menunda pekerjaan, ya.

Selesaikan sedikit demi sedikit pekerjaan yang diberikan atasan atau klien. Dengan begini, jika deadline tiba, kamu jadi tidak terburu-buru deh untuk menyelesaikannya.


Bagaimana? Tips-tips di atas sudah ada yang pernah kamu terapkan untuk mengatasi stres dan tekanan di kantor? Kalau belum, bisa dicoba dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US