Kondisi darurat pandemi virus corona membawa perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Sebagai salah e-commerce terbesar di Asia, Shopee mengaku adanya peningkatan traffic selama Ramadan di tengah pandemi ini.
Perubahan belanja yang semula terbagi atas dua jenis yakni offline dan online kini beralih menjadi online saja.
"Pada dasarnya kami menyesuaikan kebiasaan masyarakat sekarang dengan belanja #ShopeeDariRumah. Terlebih lagi kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) semakin merubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi," ungkap Handhika Jahja, Director of Shopee Indonesia saat konferensi pers virtual, Selasa (19/5/2020).
Ia juga menambahkan bahwa penjualan mengalami kenaikan cukup drastis yakni sampai 4 kali lipat.
"Sekiranya traffic kami juga alami peningkatan dua kali lipat dari hari biasanya. Adapun kebutuhan yang sering dicari masyarakat diantaranya busana muslim, perlengkapan ibadah, makanan, minuman, serta kebutuhan ibu dan anak," tambahnya.
Keseruan lainnya selama Ramadan di tengah pandemi virus corona adalah adanya peningkatan transaksi COD hingga 40 persen.