5 Jenis Tren Digital Marketing Terbaru yang Booming di Indonesia Tahun 2020

- Senin, 21 September 2020 | 11:58 WIB
Ilustrasi digital marketing (Pexels/Launchpresso)
Ilustrasi digital marketing (Pexels/Launchpresso)

Di era serba teknologi saat ini, digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran paling diminati untuk berbagai jenis bisnis dan usaha, baik skala kecil maupun besar.

Ada berbagai tren digital marketing terkini yang cukup booming di Indonesia karena keefektifannya dalam menunjang perkembangan bisnis.

Jenis Tren Digital Marketing Terbaru di Indonesia Tahun 2020

Kamu sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya tau apa saja tren pemasaran digital terbaru di Indonesia saat ini. Jangan sampai bisnis kamu 'stuck' gara-gara kamu tidak update soal tren digital marketing terbaru.

Daripada berlama-lama, langsung saja yuk simak ulasan berikut ini seputar tren digital marketing terbaru di Indonesia yang lagi hype:

1. Video Marketing

-
Ilustrasi video marketing (Unsplash/@neonbrand)

Video marketing termasuk salah satu tren digital marketing paling efektif saat ini untuk memasarkan produk kepada para calon klien. Strategi pemasaran ini mulai ramai dilakukan perusahaan rintisan atau start-up maupun perusahaan besar.

Mengapa harus melalui video marketing? Ada keuntungan menggunakan video marketing, salah satunya dari segi biaya (budget) yang jauh lebih murah dan savvy.

Menurut hasil riset Tubular Insight terhadap 1.000 orang responden, tercatat bahwa 96 persen responden memilih membeli suatu produk setelah menonton video menarik tentang review produk tertentu.

-
Riset Tubular Insight tentang tren video marketing (Tubular Insights)

Dari hasil riset itu, terbukti bahwa konten berupa video digital memberi dampak positif terhadap proses pemasaran bisnis. Kamu sudah mencoba strategi ini, guys?

2. Voice Marketing

-
Ilustrasi voice marketing (Unsplash/@neonbrand)

Kebanyakan orang memang lebih suka visual, namun di sisi lain, penggunaan konten audio atau suara masih masif dan menjadi tren pemasaran unik di tahun 2020.

Mirip seperti iklan radio, tren voice marketing bisa menjadi cara efektif memasarkan produk kepada client.

Terbukti, salah satu riset Google tentang voice marketing menyebutkan 72 persen orang mendengarkan audio sebagai bagian dari rutinitas harian, seperti mendengarkan berita dari radio maupun podcast di sore dan malam hari.

3. Influencer Marketing

-
Ilustrasi influencer (Unsplash/@matfelipe)

Sesuai penyebutannya, tren pemasaran digital ini menggunakan peran influencer di media sosial, sebut saja artis, selebgram, atau YouTuber yang populer.

Nantinya, mereka para influencer akan dibayar untuk memasarkan dan mengenal produk kepada publik melalui unggahan foto atau video mereka di media sosial.

Cara promosi melalui strategi influencer marketing ini cenderung cepat dan efektif. Apalagi, di zaman sekarang, hampir semua orang rajin berselancar di media sosial, terutama Facebook dan Instagram.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB

5 Contoh Hak Siswa di Sekolah yang Kamu Harus Tau!

Kamis, 11 April 2024 | 09:10 WIB
X