The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Jenis Tren Digital Marketing Terbaru yang Booming di Indonesia Tahun 2020
Ilustrasi digital marketing (Pexels/Launchpresso)
Life

5 Jenis Tren Digital Marketing Terbaru yang Booming di Indonesia Tahun 2020

Senin, 21 September 2020 11:58 WIB 21 September 2020, 11:58 WIB

INDOZONE.ID - Di era serba teknologi saat ini, digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran paling diminati untuk berbagai jenis bisnis dan usaha, baik skala kecil maupun besar.

Ada berbagai tren digital marketing terkini yang cukup booming di Indonesia karena keefektifannya dalam menunjang perkembangan bisnis.

Jenis Tren Digital Marketing Terbaru di Indonesia Tahun 2020

Kamu sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya tau apa saja tren pemasaran digital terbaru di Indonesia saat ini. Jangan sampai bisnis kamu 'stuck' gara-gara kamu tidak update soal tren digital marketing terbaru.

Daripada berlama-lama, langsung saja yuk simak ulasan berikut ini seputar tren digital marketing terbaru di Indonesia yang lagi hype:

1. Video Marketing

jenis tren digital marketing di Indonesia tahun 2020
Ilustrasi video marketing (Unsplash/@neonbrand)

Video marketing termasuk salah satu tren digital marketing paling efektif saat ini untuk memasarkan produk kepada para calon klien. Strategi pemasaran ini mulai ramai dilakukan perusahaan rintisan atau start-up maupun perusahaan besar.

Mengapa harus melalui video marketing? Ada keuntungan menggunakan video marketing, salah satunya dari segi biaya (budget) yang jauh lebih murah dan savvy.

Menurut hasil riset Tubular Insight terhadap 1.000 orang responden, tercatat bahwa 96 persen responden memilih membeli suatu produk setelah menonton video menarik tentang review produk tertentu.

jenis tren digital marketing terbaru di Indonesia tahun 2020
Riset Tubular Insight tentang tren video marketing (Tubular Insights)

Dari hasil riset itu, terbukti bahwa konten berupa video digital memberi dampak positif terhadap proses pemasaran bisnis. Kamu sudah mencoba strategi ini, guys?

2. Voice Marketing

jenis tren digital marketing terbaru di Indonesia voice marketing
Ilustrasi voice marketing (Unsplash/@neonbrand)

Kebanyakan orang memang lebih suka visual, namun di sisi lain, penggunaan konten audio atau suara masih masif dan menjadi tren pemasaran unik di tahun 2020.

Mirip seperti iklan radio, tren voice marketing bisa menjadi cara efektif memasarkan produk kepada client.

Terbukti, salah satu riset Google tentang voice marketing menyebutkan 72 persen orang mendengarkan audio sebagai bagian dari rutinitas harian, seperti mendengarkan berita dari radio maupun podcast di sore dan malam hari.

3. Influencer Marketing

jenis tren pemasaran digital di Indonesia influencer marketing
Ilustrasi influencer (Unsplash/@matfelipe)

Sesuai penyebutannya, tren pemasaran digital ini menggunakan peran influencer di media sosial, sebut saja artis, selebgram, atau YouTuber yang populer.

Nantinya, mereka para influencer akan dibayar untuk memasarkan dan mengenal produk kepada publik melalui unggahan foto atau video mereka di media sosial.

Cara promosi melalui strategi influencer marketing ini cenderung cepat dan efektif. Apalagi, di zaman sekarang, hampir semua orang rajin berselancar di media sosial, terutama Facebook dan Instagram.

Riset dari Inluencerdb menyebutkan bahwa influencer marketing terus mengalami peningkatan semenjak tahun 2013 sampai 2018, baik itu marketing yang dilakukan dalam bentuk konten video, foto, maupun suara.

4. Chatbots

jenis tren digital marketing terbaru 2020 melalui Chatbots
Ilustrasi Chatbots (itchronicles.com)

Pernah mendengar istilah Chatbots sebelumnya? Kalau belum, Chatbots adalah sebuah fitur obrolan otomatis di dalam situs atau layanan pesan instan. Chatbots menggunakan bantuan robot atau tokoh virtual untuk menjawab semua respons atau chat dari pelanggan.

Sebenarnya, tren digital marketing melalui Chatbots sudah ada sejak lama. Namun belakangan ini, Chatbots masih terbilang efektif dalam pemasaran digital di Indonesia.

5. Search Engine Optimization (SEO)

jenis tren strategi pemasaran digital marketing search engin optimization SEO
Ilustrasi digital marketing SEO (Unsplash/@merakist)

Apa itu SEO? Secara definisi, Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

Teknik SEO dalam dunia digital marketing biasanya diterapkan untuk optimasi website toko online agar mendapatkan ranking paling tinggi di hasil mesin pencarian Google.

Dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO, potensi trafik organik pada website toko online pun meningkat. Sehingga, calon pembeli akan lebih mudah menemukan website jualan online milikmu.

Penutup

Nah, itulah beberapa tren digital marketing dan jenis pemasaran digital yang sedang tren di Indonesia tahun 2020 ini.

Setiap strategi pemasaran digital di atas pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu tinggal menyesuaikan saja mana yang lebih efektif dengan kebutuhan pemasaran bisnis kamu, ya.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US