The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Banyak Rumor hingga Atasan yang Narsis, Jadi Tanda Kantormu Punya Budaya Kerja Toxic
Ilustrasi kantor dengan budaya kerja toxic (Pixabay/Prostock-Studio)
Life

Banyak Rumor hingga Atasan yang Narsis, Jadi Tanda Kantormu Punya Budaya Kerja Toxic

Senin, 24 Januari 2022 13:15 WIB 24 Januari 2022, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Bagi seorang karyawan, tentu sangat menginginkan budaya kerja yang sehat di kantornya. Namun sayangnya tidak semua kantor memiliki budaya kerja yang demikian.

Alhasil tak sedikit orang yang terjebak di sebuah kantor yang memiliki lingkungan kerja negatif. Jika sudah begini bisa dipastikan orang tersebut akan sulit berkembang.

Bahkan dalam kondisi yang lebih buruk, mereka bisa frustasi akibat kesehatan mentalnya terganggu. Nah agar dapat mengantisipasi hal-hal buruk tersebut, ada baiknya kamu mengenali ciri atau tanda kantor yang memiliki budaya kerja toxic. Sehingga kamu dapat memutuskan untuk bertahan atau segera resign

1. Rumor dan gosip hal lumrah

Mengutip dari TopResume, salah satu tindakan yang paling tidak profesional di tempat kerja adalah menyebarkan rumor dan gosip yang tidak benar. Sayangnya di kantor yang toxic hal ini adalah sesuatu yang bisa dan dianggap lumrah.

Sialnya menghadapi rekan kerja yang suka gosip juga bukanlah hal yang mudah. Bahkan, kamu malah bisa terintimidasi dan akhirnya ikut seperti mereka.

2. Persaingan yang tak sehat

Dalam sebuah perusahan tentu ada pesangain antar divisi maupun karyawan. Sebenarnya hal tersebut wajar-wajar saja, namun jika segala cara sudah digunakan dalam persangin tersebut maka jelas tempat kerja yang demikian itu toxic. 

Ada baiknya kamu mulai memikirkan masa depanmu di kantor tersebut. Pertimbangkan apakah kamu akan kuat menghadapi lingkungan kerja yang sangat tidak sehat itu atau mencari tempat kerja yang baru. 

3. Tidak ada vibe positif

Menurut Business Insider, tempat kerja yang memiliki vibe positif pasti akan membuatmu lebih produktif. Bahkan, saat ada banyak deadline kamu masih bisa tetap merasa semangat.

Sayangnya hal itu akan sangat berbeda dengan kantor yang punya budaya kerja toxic. Kamu pasti akan merasakan tidak ada kehangatan baik itu dari sesama rekan kerja atau dari atasan.

4. Tidak ada kebersamaan

Ciri kantor toxic berikutnya ialah tidak ada kebersamaan. Setiap orang hanya mementingkan diri sendiri. 

Orang-orang yang seperti itu biasanya sudah tidak akan peduli dengan tujuan perusahaan. Mereka sangatlah egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri.

5. Atasan yang narsis 

Mengutip dari Forbes, atasan yang narsis juga menjadi tanda tempat kerja toxic. Pasalnya atasan model begini akan selalu merasa benar dan tidak bisa mendapatkan kritikan.

Akibatnya kamu akan sulit memberikan masukan, Bahkan jika tetap memaksa memberikan pendapat, kamu akan dianggap sebagai pemberontak.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US