The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dijahit oleh Sosok Ini, Baju Tidur Batik Naik Daun di Bagan Siapi-api
Aneka motif batik Bagan (Winda Oktavia/IDZ Creators)
Life

Dijahit oleh Sosok Ini, Baju Tidur Batik Naik Daun di Bagan Siapi-api

Senin, 23 Mei 2022 14:24 WIB 23 Mei 2022, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Banyak yang belum tahu kalau Kota Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau punya batik, bernama Batik Bagan. Kain batik ini pun menjelma jadi oleh-oleh andalan khas Bagan Siapi-api selain kacang pukul yang sudah lebih dulu populer.

Baju batik yang populer di Bagan Siapi-api yaitu model baju tidur atau piyama. Menariknya batik Bagan Siapi-api mayoritas punya motif dan warna cerah. Dan bajunya disebut langsung dijahit dan dijual oleh keturunan China di sana.  

batik bagan
Baju tidur batik Bagan berwarna cerah (Winda Oktavia/IDZ Creators)

Sebagai informasi, etnis Tionghoa termasuk pendiri Kota Bagan Siapi-api yang sudah bermukim sebelum masa penjajahan, Belanda. Sehingga enggak heran kalau baju tidur Batik Bagan ada juga ada yang bermodel kancing Shanghai.

Baju tidur batik Bagan banyak dipilih sebab bahannya yang berkualitas, mulai dari jahitan hingga kualitas warna yang enggak mudah pudar jika dicuci.

batik bagan
Motif batik Bagan berwarna cerah dan unik (Winda Oktavia/IDZ Creators)

Kalau mau membeli piyama batik khas Bagan, kamu bisa mencarinya ke Pasar Ikan atau disebut Pasar Pelita. Pasar ini terletak di jantung kota Bagan Siapi-api. Sebaiknya datang siang atau menjelang sore hari supaya enggak berdesakkan dengan pembeli lain. Kalau terlalu sore biasanya toko-toko sudah tutup.

batik bagan
Pembeli Batik Bagan di Pasar Pelita (Winda Oktavia/IDZ Creators)

Selain kualitas, harga Batik Bagan relatif murah mulai dari Rp30 ribu hingga di atas Rp100 ribu per baju. Mulai dari ukuran bayi hingga orang dewasa.

Sari, salah satu pembeli dari Kota Pekanbaru mengaku kepincut sama piyama Batik Bagan karena kualitasnya.

"Sebenarnya tiap ke Bagan selalu mampir beli baju batik di sini. Karena kualitas bagus, harga murah dan motifnya juga menarik," sebutnya.

Sementara menurut Meli, seorang karyawan di salah satu toko mengaku selain baju tidur, ada juga model baju terusan. Tetapi baju tidur jadi yang paling banyak diburu.

"Kebanyakan yang mampir ke sini belinya ya model baju tidur. Ada juga yang dipakai sendiri ada juga untuk dijual lagi di Pekanbaru, Dumai juga Jakarta," sebut Meli, seorang karyawan di salah satu toko.

Sebelum berbelanja di pasar ini, ada baiknya kamu membandingkan harga dari satu toko dengan toko yang lainnya. Karena harga yang ditawarkan bisa selisih hingga puluhan ribu Rupiah. Dan jangan lupa ditawar, ya!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Winda Oktavia
Winda Oktavia

Winda Oktavia

Community Writer
JOIN US
JOIN US